Show simple item record

dc.contributor.authorCholifah, Ning I’anatul
dc.date.accessioned2020-12-21T01:58:16Z
dc.date.available2020-12-21T01:58:16Z
dc.date.issued2020-07-25
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/998
dc.description.abstractPenelitian ini berawal dari siswa yang tidak antusias atau memperhatikan materi yang diajarkan guru, sebagian ramai, tidur, bahkan ada pula yang keluar kelas dengan waktu yang cukuup lama dengan alasan yang bermacam-macam. Bahkan, tidak efektifnya siswa dalam menggunakan handphone saat pembelajaran berlangsung karena digunakan untuk hal lain seperti sosial media. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dipecah lagi menjadi beberapa mata pelajaran yaitu: Qur’an Hadits, Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Aswaja dan Bahasa Arab yang merupakan program unggulan sekolah membuat siswa bosan dengan banyaknya mata pelajaran yang harus dipelajari, memiliki masalah di rumah sehingga tidak konsentrasi belajar. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengetahui motivasi belajar siswa pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan mengetahui kendala-kendala yang terjadi saat guru memberikan motivasi kepada siswa. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknk dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah siswa sangat perhatian terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan upaya yang paling menarik dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu guru memberi nilai pada setiap tugas yang diberikan kepada siswa. Proses meningkatkan motivasi siswa tersebut juga terjadi kendala yang sering terjadi yaitu faktor siswa, seperti latar belakang sekolah siswa yang berbeda-beda, terlambat datang ke sekolah, bermain handphone saat pembelajaran berlangsung, jumlah siswa sedikit, siswa mempunyai masalah di rumah yang menjadikannya tidak konsentrasi belajar dan siswa sulit mencari solusi terkait masalah yang dihadapi karena tidak ada guru BK yang khusus menangani permasalahan siswa. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan siswa memiliki motivasi yang tinggi seperti perhatian terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam, namun dengan upaya yang dilakukan guru agar dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan memberi nilai dari setiap tugas yang diberikan tentu terdapat kendala yang sering terjadi yaitu dari faktor siswa yang sering terlambat dan bermain hadphone saat pembelajaran berlangsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectMotivasien_US
dc.titleUpaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Atas Islam Nusantara Dinoyo Kota Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record