Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2421
Title: Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier
Authors: Setiawan, Yayan Eryk
Keywords: Generalisasi Pola Linier
Memperbaiki Kesalahan
Proses Berpikir
Issue Date: 30-Sep-2020
Publisher: Institut Pendidikan Indonesia Garut
Series/Report no.: Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika;Vol 9, No. 3, p. 371-382
Abstract: Masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menggeneralisasi pola linier yang disebabkan fokus pada data numerik. Siswa-siswa yang mengalami kesalahan ini penting diberikan kesempatan kembali untuk memperbaiki kesalahan dalam menggeneralisasi pola linier. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, maka penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus terhadap 2 siswa kelas VIII sekolah menengah pertama yang berhasil memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis proses berpikir dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier, yaitu memperbaiki dengan menguji dan mencoba, serta memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi. Proses memperbaiki dengan menguji dan mencoba terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap menguji, dan tahap mencoba. Proses memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap mengganti strategi generalisasi, dan tahap menemukan rumus suku ke-n. Cara yang paling efektif untuk memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier adalah dengan cara mengganti strategi.
Description: [ARCHIVES] Copyright Article from : Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
URI: https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n3_02
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2421
ISSN: 2527-8827
Appears in Collections:LP - Mathematic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
751-2807-1-PB.pdfDocument1.64 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.