Proses Berpikir Siswa dalam Memperbaiki Kesalahan Generalisasi Pola Linier
Abstract
Masih banyak kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menggeneralisasi pola linier yang
disebabkan fokus pada data numerik. Siswa-siswa yang mengalami kesalahan ini penting
diberikan kesempatan kembali untuk memperbaiki kesalahan dalam menggeneralisasi pola
linier. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah menganalisis proses berpikir siswa dalam
memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut,
maka penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus
terhadap 2 siswa kelas VIII sekolah menengah pertama yang berhasil memperbaiki kesalahan
generalisasi pola linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua jenis proses
berpikir dalam memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier, yaitu memperbaiki dengan
menguji dan mencoba, serta memperbaiki dengan mengganti strategi generalisasi. Proses
memperbaiki dengan menguji dan mencoba terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda,
tahap menguji, dan tahap mencoba. Proses memperbaiki dengan mengganti strategi
generalisasi terdiri dari tiga tahap, yaitu: tahap mencari beda, tahap mengganti strategi
generalisasi, dan tahap menemukan rumus suku ke-n. Cara yang paling efektif untuk
memperbaiki kesalahan generalisasi pola linier adalah dengan cara mengganti strategi.
URI
https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv9n3_02http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/2421