Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5000
Title: Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital pada Materi Teks Drama Kelas XI MAN Kota Batu sebagai Media Pembelajaran Daring di Masa Pandemi
Authors: Wahyusanti, Lita Yudanti
Keywords: Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pengembangan
Media Pembelajaran
Flipbook Digital
Teks Drama
Pembelajaran Daring
Issue Date: 11-Jul-2022
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Pembelajaran daring dalam dunia pendidikan bermula karena adanya wabah virus covid-19, dimana semua kegiatan tidak dapat dilakukan sepenuhnya secara luring melainkan dilakukan secara daring. Pembelajaran daring di masa pandemi tentu perlu menggunakan perangkat pembelajaran yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satu media pembelajaran yang sesuai digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring adalah Flipbook Digital. Flipbook Digital merupakan media pembelajaran berbentuk lembaran-lembaran kertas berbentuk album buku yang memiliki tampilan audivisual yang menarik dan komunikatif yang bisa diakses secara online sekaligus menjadi alternatif untuk menunjang pembelajaran secara daring. Penelitian ini bertujuan sebagai berikut (1) analisis kebutuhan guru dan kelompok kecil siswa mengenai kebutuhan pengembangan media pembelajaran Flipbook Digital, (2) mendeskripsikan hasil pengembangan produk media Flipbook Digital yang digunakan sebagai media pembelajaran daring, (3) mendeskripsikan hasil validasi kelayakan produk Flipbook Digital yang telah dikembangkan sebagai media pembelajaran daring. Model yang diterapkan dalam penelitian pengembangan ini adalah model R & D (Research and Development), model ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk baru atau memperbaiki dan mengembangkan tertentu dengan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau dikenal dengan R&D (Research and Development). Penelitian R&D merupakan soal model penelitian yang menghasilkan produk baru, atau memperbaiki dan menyempurnakan produk yang sudah ada. Hal ini dilakukan biasanya untuk menghasilkan produk dalam bidang tertentu yang lebih baik. Adapun prosedur dalam penelitian ini antara lain pengumpulan data, perencanaan, desain produk, validasi, desain, uji coba produk, uji coba pemakaian. Tahapan dalam validasi produk meliputi validasi produk, uji coba produk, instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi. Lembar validasi instrumen mengenai angket kebutuhan siswa kelas XI MAN Kota Batu, lembar validasi instrumen angket kebutuhan media pembelajaran untuk guru, validasi ahli bahasa, validasi ahli materi, validasi ahli perancang, validasi penilaian media pembelajaran Flipbook Digital untuk kelompok kecil siswa, lembar validasi untuk praktisi. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil analisis kebutuhan guru membutuhkan media pembelajaran Flipbook Digital di masa pandemi menunjukkan persentase 90%, (2) hasil analisis kebutuhan siswa membutuhkan media pembelajaran Flipbook Digital di masa pandemi menunjukkan persentase 97%, (3) hasil pengembangan produk dimulai dari perencanaan produk, desain produk, penyelesaian produk hingga hasil uji validasi produk. Hasil uji validasi dibagi menjadi empat yaitu ahli media dengan nilai persentase 96% (sangat setuju), ahli bahasa dengan nilai persentase 96% (sangat setuju), ahli perancang dengan nilai persentase 94% (sangat setuju) dan ahli materi dengan nilai persentase 94% (sangat setuju). Hasil analisis kebutuhan media oleh kelompok kecil menunjukkan nilai persentase 96,4% (sangat layak) untuk dijadikan media pembelajaran di masa pandemi. Penelitian pengembangan media Flipbook Digital mendapat persentase penilaian baik dari uji validasi ahli bahasa dengan skor persentase 96% dengan kategori penilaian sangat baik, validasi ahli perancang mendapatkan 94% dengan kategori penilaian sangat baik, validasi ahli media mendapatkan skor 96% dengan kategori sangat layak, angket penilaian praktis mendapatkan skor 96% dengan kategori penilaian sangat layak, dan angket penilaian siswa mendapatkan skor 96,4% dengan kategori penilaian sangat layak. Berdasarkan hasil validasi, membuktikan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk diterapkan sebagai perangkat media pembelajaran daring. Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Flipbook Digital, Teks Drama, Pembelajaran Daring.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5000
Appears in Collections:UT - Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
S1_FKIP_PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA_21801071020_LITA YUDANTI WAHYUSANTI.pdfPublish1.34 MBAdobe PDFView/Open
FULLTEXT S1_FKIP_21801071020_LITA YUDANTI WAHYUSANTI.pdf
  Restricted Access
Fulltext12.51 MBAdobe PDFView/Open Request a copy


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.