Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5867
Title: Strategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Authors: Werdiningsih, Dyah
Keywords: strategi metakognitif
Intensitas
efek jenjang pendidikan
Issue Date: 15-Feb-2015
Publisher: Journal article // Cakrawala Pendidikan
Series/Report no.: Journal article // Cakrawala Pendidikan;
Abstract: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran bahasa Indonesia (PBI) siswa SD yang meliputi (1) intensitas penggunaan strategi metakognitif pembelajar anak; (2) interkorelasi antara strategi metakognitif dalam belajar keempat keterampilan berbahasa Indonesia; dan (3) pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan strategi metakognitif dalam belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif, korelasional, dan ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa SD di Kota dan Kabupaten Malang dengan teknik penyampelan cluster sampling yang berjenjang. Data dikumpulan lewat teknik keusioner dan hasilnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, korelasional, dan oneway anova. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) siswa SD menggunakan strategi metakognitif dengan intensitas rendah dengan rata-rata penggunaan di bawah skala 2,45; (2) penggunaan strategi metakognitif dalam belajar keempat keterampilan berbahasa Indonesia saling berinterkorelasi satu dengan lain (r= 0,980, p<0,01); dan (3) terdapat pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan strategi metakognitif (sig=0.00, <p0,05).
Description: [ARCHIVES] Copyright from: Journal article // Cakrawala Pendidikan
URI: https://www.neliti.com/publications/79619/strategi-metakognisi-pembelajar-anak-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-di-seko
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5867
Appears in Collections:LP - Indonesian Language Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
22_STRATEGI METAKOGNISI PEMBELAJAR.pdf80.45 kBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.