Strategi Metakognisi Pembelajar Anak dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan strategi metakognitif dalam pembelajaran
bahasa Indonesia (PBI) siswa SD yang meliputi (1) intensitas penggunaan strategi metakognitif
pembelajar anak; (2) interkorelasi antara strategi metakognitif dalam belajar keempat keterampilan
berbahasa Indonesia; dan (3) pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan strategi metakognitif
dalam belajar bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain
deskriptif, korelasional, dan ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa SD di Kota dan
Kabupaten Malang dengan teknik penyampelan cluster sampling yang berjenjang. Data dikumpulan
lewat teknik keusioner dan hasilnya dianalisis dengan teknik statistik deskriptif, korelasional, dan oneway
anova. Hasil penelitian ini diperoleh temuan (1) siswa SD menggunakan strategi metakognitif
dengan intensitas rendah dengan rata-rata penggunaan di bawah skala 2,45; (2) penggunaan strategi
metakognitif dalam belajar keempat keterampilan berbahasa Indonesia saling berinterkorelasi satu
dengan lain (r= 0,980, p<0,01); dan (3) terdapat pengaruh tingkat pendidikan terhadap penggunaan
strategi metakognitif (sig=0.00, <p0,05).
URI
https://www.neliti.com/publications/79619/strategi-metakognisi-pembelajar-anak-dalam-pembelajaran-bahasa-indonesia-di-sekohttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5867