Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/730
Title: Perbedaan Exercise dan Pemeliharaan terhadap Waktu Tempuh dan Kecepatan Lari Sapi Karapan (Studi Kasus di Desa Bulangan Branta Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan)
Authors: Rahman, Ahmad Khalilur
Keywords: Exercise
Pemeliharaan
Waktu Tempuh
Kecepatan Lari
Sapi Karapan
Breeding
Running Speed
Karapan Cow
Issue Date: 4-Aug-2020
Publisher: Universitas Islam Malang
Abstract: Penelitian ini dilaksanakan di Madura pada tanggal 10 Juni sampai dengan tanggal 23 Juni tahun 2020 tepatnya di Desa Bulangan Branta Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan exercise dan pemeliharaan terhadap waktu tempuh dan kecepatan lari sapi Karapan di Desa Bulangan Branta Kecamatan Pegantenan Kabupaten Pamekasan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sapi Karapan dan jenis perawatannya termasuk pemberian pakan dan minum, pemberian jamu, serta perawatan kesehatannya. Metode yang digunakan adalah metode studi kasus dengan purposive sampling dengan kriteria sapi Karapan berumur 2-3 tahun. Pengambilan sampel penelitian dari dua peternak di desa Bulangan Branta dengan jumlah sampel 20 ekor sapi Karapan dengan pemberian pakan yang sama yaitu daun lamtoro segar dengan jumlah 1,5 kilogram dan pemberian minum satu liter air setelah selesai makan. Variabel yang diamati adalah Waktu tempuh lari sapi Karapan, yaitu jumlah waktu yang diukur setelah sapi Karapan berlari dalam jarak 222 meter dan kecepatan lari sapi Karapan, yaitu jumlah hasil perbandingan antara jarak tempuh (222 meter) dengan waktu tempuh lari sapi Karapan. Hasil dari Uji t diperoleh bahwa waktu tempuh lari sapi Karapan K1 sangat berbeda nyata (P<0,01) terhadap waktu tempuh lari sapi Karapan K2. Sedangkan hasil dari uji t kecepatan lari sapi karapan K1 juga berbeda sangat nyata (P<0,01) terhadap kecepatan lari sapi karapan K2. Rataan nilai waktu tempuh sapi Karapan K1 adalah 18,4 dan sapi Karapan K2 adalah 20,8. Sedangkan rataan nilai kecepatan lari sapi Karapan K1 adalah 12,0311 dan sapi Karapan K2 adalah 10,6932. Kesimpulan waktu tempuh lari sapi Karapan dengan perlakuan pertama (K1) lebih pendek dari waktu tempuh lari sapi Karapan dengan perlakuan kedua (K2). Sedangkan Kecepatan lari sapi Karapan K1 lebih cepat dari pada kecepatan lari sapi Karapan K2. Disarankan perlu penelitian lebih lanjut mengenai pemeliharaan intens pemberian jamu dengan menganalisis komposisi dan kandungan jamu sapi Karapan, variasi berat badan terhadap produktivitas dan perfomans sapi Karapan, serta karakteristik genetik sapi Karapan.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/730
Appears in Collections:UT - Animal Science

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_PETERNAKAN_21601041045_AHMAD KHOLILUR RAHMAN.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka2.11 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.