Please use this identifier to cite or link to this item: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/789
Title: Strategi Guru Al-Qur’an Hadits dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun
Authors: Aliyah, Erva Himmatul
Keywords: Guru Al-Qur’an Hadits
Motivasi Belajar
Strategi
Issue Date: 18-Jul-2020
Abstract: Al-Qur’an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran agama yang sangat penting untuk dipelajari serta diamalkan sebagai suatu pedoman hidup bagi umat manusia. Rendahnya motivasi dalam belajar Al-Qur’an menjadi penyebab rendahnya mutu pendidikan terutama dalam kemampuan membaca dan menulis AlQur’an. Padahal Al-Qur’an diakui sebagai kitab suci dan sebagai pedoman hidup sehari-hari. Saat ini siswa lebih menyibukkan dengan kegiatan sekolah serta kegiatan lainnya. Maka untuk itulah, guru Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun mempunyai strategi yang bervariasi dalam proses belajar mengajar Al-Qur’an Hadits sebagaimana akan menjadi bekal kelangsungan hidup serta mempertahankan nilai-nilai Agama Islam di masa mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an di MTs Negeri Kota Madiun dan juga mengetahui penerapan yang digunakan dalam materi pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Bebarapa permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kota Madiun. 2) Bagaimana implementasi strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kota Madiun. 3) Kendala dan solusi strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar AlQur’an pada siswa kelas VIII di MTs Negeri Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan yang menjadi sumber data adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru Al-Qur’an Hadits, dan beberapa siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan datanya mentah yang diperoleh lalu dianalisis dan dilakukan pengecekan keabsahan data. Peneliti melakukan pengecekan data dengan membandingkan data yang diperoleh dengan informan yang berbeda. Disamping itu peneliti juga melakukan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi serta bahan referensi. Dengan begitu dapat diperoleh data yang valid. Adapula Hasil penelitian yang dapat diperoleh oleh peneliti dengan adanya motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di dalam kelas dengan menggunakan strategi-strategi yang sudah digunakan oleh guru AlQur’an Hadits. Beberapa strategi yang digunakan oleh guru Al-Qur’an Hadits, diantaranya: strategi tanya jawab, menghafal, ceramah dan juga menggunakan multimedia dalam mendukung proses pemahaman siswa di dalam kelas. Termotivasinya siswa dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat dilihat dari tingkat antusias dalam menghafal Al-Qur’an dan Hadits, siswa dapat fokus dalam pelajaran, serta menanggapi adanya tugas. Berdasarkan hasil dari penelitian ini, kesimpulan yang dapat peneliti sampaikan bahwasannya seorang guru Al-Qur’an Hadits haruslah memberikan segala macam motivasi dalam menumbuhkan semangat belajar siswa dalam membaca dan menulis Al-Qur’an di mata pelajaran Al-Qur’an Hadits apalagi dengan adanya strategi yang mampu membuat siswa tidak merasakan kejenuhan dalam belajarnya. Peneliti sarankan agar dilakukan penelitian lanjutan mengenai strategi guru Al-Qur’an Hadits dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada siswa kelas VIII.
URI: http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/789
Appears in Collections:UT - Islamic Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
TERPISAH_S1_FAI_21601011154_ERVA HIMMATUL ALIYAH.pdfCover, Abstrak, Bab I, Bab VI, Daftar Pustaka2.34 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.