View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Akhlak Peserta Didik Kepada Guru dalam Kitab Ta’lim Muta’allim (Studi Kasus di SMP Al-Rifa’ie Gondanglegimalang)

Thumbnail
View/Open
S1_FAI_21601011266_MADA NUR AZIZAH.pdf (2.042Mb)
Date
2020-07-25
Author
Azizah, Mada Nur
Metadata
Show full item record
Abstract
Penting diketahui, Seorang pelajar tidak akan memperoleh kesuksesan ilmu dan tidak pula ilmunya dapat bermanfaat, jika mau mengagungkan ilmu itu sendiri, ahli ilmu, dan menghormati keagungan gurunya (Lillah, 2015:120). Berdasarkan observasi di SMP Al-Rifa’ie menunjukkan sikap peserta didik pada guru dengan akhlak yang kurang baik, disana lebih banyak kelihatan bahwa anak-anak lebih membeda-bedakan guru yang akan mereka hormati. Pada kondisi tersebut perlu diberikan perubahan pada peserta didik yaitu merujuk pada akhlak yang ada didalam kitab ta’lim Muta’allim. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan akhlak yang akan diterapkan di SMP Al-Rifa’ie, mendeskripsikan cara untuk menerapkan akhlak dan mengetahui hasil penanaman akhlak yang merujuk dari kitab ta’lim Muta’allim. Dalam mencapai penelitian tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus dengan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi Akhlak yang diterapkan pada peserta didik adalahtidak berjalan didepanguru, tidak duduk ditempat guru,tidak memulai bicara kecuali jika guruberkenan, tidak berbicaramacam-macam, atau menanyakan hal-hal yang membosankan, melakukan segala hal yang membuatnya rela. Akhlak tersebut akan diterapkan pada peserta didik dengan cara memberikan pengarahan terlebih dahulu, memberikan contoh bagaima bersikap yang baik pada guru, dan mengingatkan secara terus menerus dari hal yang terkecil Dari penelitian yang didapatkan, agak terkendala dengan adanya anak-anak yang kurang faham dengan pengarahan. Hasil penelitian ini adalah bahwa saat hal diatas diterapkan, banyak anak yang faham apa yang diarahkan namun untuk memulainya sebagai kebiasaan mebutuhkan waktu yang agak lama. Maka dari itu dibutuhkan guru yang bisa memberikan contoh pada peserta didik tentang akhlak pada ta’lim Muta’allim yang mau mengawasi dan terus-menerus mengingatkan secara bertahap.Namun sosok guru yang mendampingi mereka sangat berpengaruh dan dalam hal ini dutuhkan sosok guru yang bisa mendidik. Karena rata-rata guru sekarang hanya menyampaikan materi dan mengabaikan tugas guru yang sebenarnya yaitu mendidik. Jika peserta didik menemukan sosok guru yang mendidik maka penerapan ini akan berjalan sangat baik dan melahirkan sosok peserta didik yang berakhlak baik pada guru. Adapun saran dari penelitian ini dalam pengajaran akhlak sangat cocok sekali kitab talim muta’allim ini untuk dibuat rujukan sebagai guru mengajari peseta didik tentang akhlak dalam belajar mengajar, dalam peran pembentukan akhlak ini diperlukan beberapa faktor pendukung yang ada disekitar peserta didik untuk mengiringi segala prosesnya terlebih guru yang sangat bersangkutan dengan kegiatan belajar mengajar, dan cara guru membuat anak tertarik padauntuk memperbaiki diri. Kata Kunci : Implementasi Akhlak, Peserta Didik, Guru
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/1386
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group