View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Domain Kognitif Siswa Berbasis Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid – 19 di SMPN 05 Karangploso Kabupaten Malang

Thumbnail
View/Open
S1_FAI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM_21701011213_SHINTA MARGARETTA.pdf (1.741Mb)
Date
2021-06-24
Author
Margaretta, Shinta
Metadata
Show full item record
Abstract
Pendidikan harus tetap terus berjalan dalam kondisi apapun. Tak menutup kemungkinan pada keadaan seperti ini, saat pandemi Covid-19. Seperti menggunakan metode pembelajaran daring. Metode yang digunakan adalah metode pembelajaran jarak jauh. Dalam kondisi saat ini, pemahaman mengenai berbagai aspek sangat perlu diperhatikan baik aspek kognitif, aspek afektif dan psikomotorik. Dalam kegiatan belajar aspek kognitif merupakan salah satu aspek penting karena aspek yang berpusat pada otak yang berkaitan dengan masalah intelektual. Maka dari itu, perlu adanya strategi-strategi tertentu yang digunakan dalam meningkatkan domain kognitif siswa di masa pandemi ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru dalam meninkgkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran daring di Masa pandemi ini. peneliti juga mendeskripsikan beberapa faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, wawancara yang dilakukan terhadap guru, kepala sekolah, dan waka kurikulum untuk mengetahui cara guru meningkatkan domain kognitif siswa pada pembelajaran berbasis daring di Masa pandemi ini terhadapa pelajaran PAI. Dokumentasi digunakan untuk mengetahui pembelajaran sesuai dengan RPP dan Silabus. Data tersebut kemudian peneliti oleh dalam bentuk deskripsi dan secara kualitatif. Analisis data dilakukan dengan menggunakan kondensasi data, display data dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa di SMPN 05 Karangploso strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran adalah menggunakan berbagai macam strategi pembelajaran, seperti: strategi pembelajaran eksposition, ekspositori, kontekstual (CTL), strategi door to door, metode ceramah. Faktor pendukung dan faktor penghambat selama proses pembelajaran yang dilakukan dengan pembelajaran daring. Beberapa faktor pendukung meliputi: adanya komponen pokok (guru, murid, sarana prasarana) dalam proses belajar yang menyebabkan pembelajaran masih dapat berlangsung, tersedianya buku sebagai sumber belajar dan lain-lain. Faktor penghambat dalam pembelajaran meliputi: Terkendala sinyal untuk sebagian murid yang tinggal dikawasan susah sinyal, Kurangnya dukungan orangtua dalam mengawasi pembelajaran selama dirumah, dan lain-lain. Kata Kunci : Strategi, Meningkatkan, Domain Kognitif, Daring
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3330
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group