Pengaruh Burnout dan Konsentrasi Terhadap Peforma Akademik Selama Pembelajaran Daring Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Windasari, Marlena Ayu
dc.date.accessioned 2022-07-01T02:17:21Z
dc.date.available 2022-07-01T02:17:21Z
dc.date.issued 2022-04-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3940
dc.description.abstract Pendahuluan: Selama pandemi Covid-19 seluruh proses pembelajaran dilakukan secara daring untuk menghindari kerumunan. Akibatnya aktivitas perkuliahan menjadi monoton dan mahasiswa mudah bosan. Metode ini kurang interaktif dan menyebabkan penurunan konsentrasi mahasiswa. Burnout dan tingkat konsentrasi pada mahasiswa merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran daring yang nantinya berpengaruh pada performa akademik mahasiswa. Penelitian ini mengidentifikasi adanya burnout sewaktu pembelajaran daring sehingga mempengaruhi konsentrasi belajar yang berpengaruh pada performa akademik mahasiswa. Metode: Penelitian ini menggunakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan responden mahasiswa FK UNISMA sejumlah 271 mahasiswa tingkat 1, 2 dan 3. Penilaian burnout diukur dengan kuisioner Maslach Burnout Inventory (MASS) dan konsentrasi diukur menggunakan kuisioner The Mindfull Attention Awareness Scale. Data sekunder berupa performa akademik mahasiswa didapatkan dari bagian akademik yaitu nilai blok. Data statistik dianalisa menggunakan regresi logistik dengan nilai < 0.05 dianggap signifikan. Hasil: Hasil uji regresi logistik ordinal menunjukkan adanya pengaruh signifikan konsentrasi terhadap performa akademik sebesar 0.001. Katanya mengidentifikasi adanya burnout pada mahasiwa, namun pada mahasiswa tingkat satu tidak mempengaruhi performa akademik sebesar 0.014. Burnout hanya berpengaruh pada performa akademik mahasiswa tingkat dua dan tiga sebesar 0.004. Sedangkan konsentrasi belajar mempengaruhi performa akademik mahasiswa pada semua tingkatan. Kesimpulan: Terindikasi adanya burnout pada mahasiswa kedokteran yang tidak berpengaruh pada performa akademik. Justru konsentrasi belajar merupakan faktor yang penting dan mempengaruhi performa akademik mahasiswa FK UNISMA. Kata kunci: Pembelajaran daring, performa akademik, burnout, konsentrasi belajar. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pembelajaran daring en_US
dc.subject performa akademik en_US
dc.subject burnout en_US
dc.subject konsentrasi belajar en_US
dc.title Pengaruh Burnout dan Konsentrasi Terhadap Peforma Akademik Selama Pembelajaran Daring Mahasiswa Pre-Klinik Fakultas Kedokteran en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account