Implementasi Program Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di MTs Hidayatul Mubtadi;in Tasikmadu Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Aranggere, Wahdina Salim
dc.date.accessioned 2022-08-01T04:09:07Z
dc.date.available 2022-08-01T04:09:07Z
dc.date.issued 2022-06-18
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4494
dc.description.abstract Merdeka belajar merupakan program yang dicanangkan Menteri Nadiem Makarim. Dalam program ini terdapat empat kebijakan baru yang dibuat yaitu USBN diganti Ujian (Asesmen), UN dihapus, RPP dipersingkat dan PPDB Zonasi sehingga siswa dan guru diberikan kebebasan berinovasi dan bertindak dalam proses pembelajaran secara mandiri. Di sisi lain, karena masih program baru dalam mengimplementasikannya membutuhkan berbagai macam masukan, terutama pada pembelajaran Aqidah Akhlak. Oleh karena itu bagaimana implementasi merdeka belajar dalam pembelajaran Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Fokus penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu bagaimana perencanaan program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, bagaimana pelaksanaan program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik, dan bagaimana evaluasi program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaa dan evaluasi program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah study kasus. Data-data yang diperoleh oleh peneliti dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi di MTs Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu Malang. Kemudian metode analisis yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, dan teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan ketekunan pengamatan, triangulasi, pengecekan sejawat dan menggunakan beberapa bahan refrensi. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa implementasi program merdeka belajar pada pembelajaran Aqidah Akhlak dalam mengembangkan kreativitas peserta didik ini, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pertama perencanaan, guru diwajibkan untuk membuat RPP satu lembar sebelum pembelajaran berlangsung. Kedua pelaksanaan, pada pembelajaran berlangung guru memberikan motivasi, guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mendiskusikan, mengumpulkan informasi, dan saling bertukar informasi sesuai materi, dll. Selain itu peserta didik juga dibiasakan mengikuti program pengembangan Budaya Religius. Ketiga evaluasi, evaluasi dilakukan dengan penilaian tes dan non tes, mencakup penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Kata Kunci: Implementasi, Merdeka Belajar, Pembelajaran, Kreativitas   en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Merdeka Belajar en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.title Implementasi Program Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Kreativitas Peserta Didik di MTs Hidayatul Mubtadi;in Tasikmadu Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account