Implementasi Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Izzah, Annizar Khoirotul
dc.date.accessioned 2022-08-01T06:08:07Z
dc.date.available 2022-08-01T06:08:07Z
dc.date.issued 2022-06-30
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4570
dc.description.abstract Pembelajaran merupakan proses komunikasi dua arah, mengajar dilakukan oleh pihak guru sebagai pendidik, sedangkan belajar dilakukan oleh peserta didik dengan mempelajari keterampilan dan pengetahuan tentang materi-materi pelajaran. Peserta didik belajar untuk mengembangkan kemampuan konseptual ilmu pengetahuan maupun mengembangkan kemampuan dan sikap pribadi yang dapat digunakan mengembangkan dirinya. Pembelajaran dikatakan baik jika seorang guru berhasil membangkitkan motivasi belajar jan menjadikan siswa yang aktif, kreatif, dan mampu mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Malang dan mendeskripsikan hasil dari penerapan model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Malang. Adapun pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Peneliti sebagai perencana, pelaksana pengumpul data, analisis, penafsir data dan pada akhirnya peneliti sebagai pelopor hasilnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pemebelajaran inquiry pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Malang bahwa impelementasi model pembelajaran inquiry pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 5 Malang sudah dilakukan sesuai prosedur pembelajaran metode inquiry dan Hasil dari implementasi metode Inquiry dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, peningkatan motivasi tersebut ditandai dengan meningkatnya semangat belajar siswa yang tinggi, antusias dan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, berusaha keras untuk mencari tahu dan menemukan tugas yang diberikan oleh guru, serta rasa ingin tahu yang tinggi. Kata Kunci : Implementasi, Model Pembelajaran Inquiry, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Model Pembelajaran Inquiry en_US
dc.title Implementasi Model Pembelajaran Inquiry pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account