Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembetukan Karakter Kedisiplinan Siswa di SMAN 9 Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Irfan, Zainal Abidin
dc.date.accessioned 2022-08-02T03:44:20Z
dc.date.available 2022-08-02T03:44:20Z
dc.date.issued 2022-07-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4671
dc.description.abstract Karakter kedisiplinan merupakan satu aset yang sangat penting bagi siswa, yang dimana dalam hal ini kedisiplinan sangatlah kurang sekali, berawal dari banyaknya siswa yang tidak mampu menaati peraturan sekolah, yang nantinya jika hal ini tidak segera di lakukan tindakan maka akan menimbulkan suatu problem – problem yang nantinya akan mengganggu dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu disini peneliti melakukan tindakan penelitian yang berkaitan dengan bagaimana konsep, pelaksanaan, dan hasil dari peran guru PAI dalam pembentukan karakter kedisiplinan siswa, disini peneliti memilih SMAN 9 Malang sebagai tempat untuk tindakan penelitia. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Terkait hasil yang didapatkan yakni konsep yang dilakukan ialah dengan menekankan siswa agar lebih terbiasa dalam hal ubudiyah islamiyah, dan juga melaksanakan suatu progam pendidikan karakter yang dimana siswa di beri materi – materi terkait pendidikan karakter. Terkait pelaksanaan yakni guru melakukan kontroling atau pengawasan secara langsung kepada siswanya. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dan peneliti dalam melakukan analisis data menggunakan Miles dan Huberman dalam Sugiyono (2014: 246-253) yang terdiri dari tahap- tahap berikut: 1) Pengumpulan data, 2) kondensasi data, 3) penyajian data, 3) penarikan kesimpulan/ verifikasi, sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan trianguliasi teknik. Berdasarkan penelitian terkait dengan konsep yang dilakukan guru PAI dalam menumbuhkan karakter kedisiplinan siswa, yaitu membiasakan siswa dengan menanamkam ubudiyah islamiyah, yakni dengan konsep dimana guru tersebut menjalankan ajaran agama islam kepada murid sebagai contoh guru tersebut mengajarkan bagaimana tata cara sholat yang benar, bagaimana cara membaca al – qu’an dengan baik dan benar. Selain itu di sekolah tersebut memiliki progam pendidikan karakter (PPK), yang dimana makud dariprogam tersebut adalah untuk dapat mempelajari dan mendalami tentang pendidikan karakter yang dimana siswa ditutut agar mampu menginterplasikan pada kehidupan sehari hari baik disekolah maupun di rumah. Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Kedisiplinan, Siswa en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Karakter Kedisiplinan en_US
dc.subject Siswa en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembetukan Karakter Kedisiplinan Siswa di SMAN 9 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account