Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Nidhomuddin, M
dc.date.accessioned 2022-12-02T02:41:36Z
dc.date.available 2022-12-02T02:41:36Z
dc.date.issued 2021-07-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6042
dc.description.abstract Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh pendidikan saat ini perlu ditanamkan norma-norma agama dan nilai-nilai Aswaja agar peserta didik tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang. Dalam hal ini guru Pendidikan Agama Islam sangat penting perannya dalam pengimplementasian nilai-nilai Aswaja kepada peserta didik agar mampu bergaul dengan baik tanpa mengesampingkan norma-norma agama. Ajaran Islam Ahlussunnah Wal Jamaah disingkat ASWAJA dianggap sesuai dengan Islam Indonesia. Karena didalmanya terdapat prinsip-prinsip atau nilai-nilai Tawassuth (moderat), Tawazun (seimbang), Tasamuh (toleran) dan I’tidal (tegak lurus) serta Amar Ma’ruf Nahi Munkar (menyerukan kebaikan menjauhi larangan). Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai Aswaja dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? (2) Kendala apa saja yang dihadapi dalam Implementasi nilai-nilai Aswaja pada pembelajaran PAI siswa kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai Aswaja dalam pembelajaran PAI siswa kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. (2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai Aswaja pada pembelajaran PAI siswa kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari, sebagai berikut: (1) Implementasi nilai-nilai Aswaja dalam Pembelajaran PAI kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Nilai-nilai Aswaja yang dimaksud adalah nilai Tasamuh, Tawasuth (moderat), I’tidal (adil), Amar ma’ruf Nahi Munkar dan Tawazun (seimbang). Pengimplementasian nilai-nilai tersebut digunakan dengan beberapa metode, antara lain: a) Metode Pemahaman, b) Metode Pembiasaan, c) metode keteladanan (Uswatun Khasanah). (2) Kendala-yang dihadapi dalam implementasi nilai-nilai Aswaja dalam Pembelajaran PAI kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari antara lain: a) pergaulan diluar sekolah, b) kurangnya komunikasi dengan orang tua, c) kurangnya motivasi dalam belajar. Kata Kunci: Implementasi, Aswaja, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Aswaja en_US
dc.title Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Pada Pembelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account