Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas VII di SMP PGRI 01 Wajak Kabupaten Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Ananda, Shela Dwi
dc.date.accessioned 2022-12-02T02:49:28Z
dc.date.available 2022-12-02T02:49:28Z
dc.date.issued 2022-07-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6066
dc.description.abstract SMP PGRI 01 Wajak merupakan sekolah umum yang bukan berlatar belakang agama, akan tetapi terdapat beberapa kegiatan yang bersifat keagamaan. Kegiatan-kegiatan tersebut berupa kegiatan jama’ah salat dhuha dan pembacaan Al-Qur’an yang tertib dilaksanakan setiap hari sebelum memulai pembelajaran di kelas. Selain itu juga diadakan peringatan hari-hari besar islam dan juga pondok ramadhan yang rutin dilaksanakan setiap bulan ramadhan. Penelitian ini membahas peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter religius siswa kelas VII di SMP PGRI 01 Wajak kabupaten Malang. Fokus penelitian yang akan dikaji ialah: 1. Karakter religius apa yang ada pada siswa kelas VII di SMP PGRI 01 wajak kabupaten Malang; 2. Bagaimana peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter religius pada siswa kelas VII di SMP PGRI 01 wajak kabupaten Malang; 3. Apa faktor - faktor yang menghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter religius pada siswa kelas VII di SMP PGRI 01 wajak kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung untuk mengumpulkan data hasil observasi. Data primer yang diambil berupa data wawancara dari informan, sedangkan data sekunder berupa dokumen. Analisa dilakukan dengan cara mengumpulkan data, kemudian melakukan kondensasi data untuk disajikan dan lalu diverivikasi kebenarannya. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas lalu pengujian Transferability dilanjutkan dengan pengujian Dependability setelah itu dilakukan pengujian Confirmatibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Karakter religius yang ada pada siswa kelas VII di SMP PGRI 01 wajak kabupaten Malang yaitu berupa kegiatan-kegiatan keagamaan seperti salat dhuha, membaca Al-Qur’an, dan peringatan hari besar Islam. 2. Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter religius pada siswa kelas VII di SMP PGRI 01 wajak kabupaten Malang yaitu : Sebagai pengajar, sebagai pendidik, sebagai suri tauladan dan sebagai motivator. 3. Faktor - faktor yang menghambat guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan karakter religius pada siswa kelas VII di SMP PGRI 01 wajak kabupaten Malang yaitu lebih dominan pada faktor lingkungan. a. Faktor pendukung : lingkungan sekolah. b. Faktor penghambat : lingkungan luar sekolah. Kata Kunci : Peran, Guru PAI, Karakter Religius en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Karakter Religius en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa Kelas VII di SMP PGRI 01 Wajak Kabupaten Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account