Pengaruh Pengalaman Belajar Terhadap Performa Akademik Praktikum Anatomi dan Retensi Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Intania, Salsa Bella Firdausy
dc.date.accessioned 2022-12-22T03:20:41Z
dc.date.available 2022-12-22T03:20:41Z
dc.date.issued 2022-06-22
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6117
dc.description.abstract SALSA BELLA FIRDAUSY INTANIA. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang,2022. PENGARUH JENIS PENGALAMAN BELAJAR TERHADAP PERFORMA AKADEMIK PRAKTIKUM ANATOMI DAN RETENSI MAHASISWA FK UNISMA SELAMA PEMBELAJARAN DARING. Pembimbing I : Rizki Anisa. Pembimbing II: Reza Hakim Pendahuluan: Selama masa pandemi COVID 19 mahasiswa kedokteran melakukan praktikum anatomi secara daring sehingga mereka menghadapi kesulitan untuk memahami ilmu anatomi manusia. Salah satu ilmu dasar kedokteran yang penting bagi mahasiswa kedokteran adalah anatomi sistem reproduksi perempuan. Pemanfaatan media belajar anatomi seperti modul praktikum, naskah power point, pengantar kuliah, aplikasi anatomi tiga dimensi, atlas anatomi, rekaman kuliah atau penelusuran sumber di internet dapat dijadikan sebagai pilihan media belajar anatomi. Berbagai media tersebut memberikan pengalaman belajar yang berbeda-beda antara lain: verbal, visual, terlibat dan berbuat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui jenis pengalaman belajar yang tepat agar performa akademik mahasiswa dan kemampuan retensi mahasiswa tetap baik. Metode: Desain penelitian adalah deskriptif anatilik dengan pendekatan cross sectional dengan responden mahasiswa prodi pendidikan dokter FK UNISMA tingkat dua sejumlah 85 responden. Instrumen untuk mengukur retensi berupa soal-soal tentang anatomi sistem reproduksi. Data sekunder yakni performa akademik mahasiswa berupa nilai responsi praktikum. Kuesioner daftar media pembelajaran yang digunakan untuk persiapan tes dan dikategorikan sesuai jenis pengalaman belajar. Analisa statistika digunakan untuk menghubungkan jenis pengalaman belajar dengan nilai retensi belajar mahasiswa dan skor responsi praktikum anatomi menggunakan regresi multivariat dengan SPSS versi 16.0 dan nilai p kurang dari 0,05 dianggap signifikan. Hasil: Mahasiswa dengan jenis pengalaman belajar secara visual (melihat dan membaca) paling banyak terdapat dalam penelitian ini dibandingkan verbal, terlibat dan berbuat. Jenis pengalaman belajar berpengaruh signifikan baik pada performa akademik (p 0,015) maupun retensi belajar mahasiswa (p 0,003). Kesimpulan: Jenis pengalaman belajar kategori melakukan berpengaruh baik terhadap performa akademik dan meningkatkan retensi belajar mahasiswa sarjana kedokteran selama pembelajaran daring. Kata Kunci: pengalaman belajar, praktikum anatomi, pembelajaran daring en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject pengalaman belajar en_US
dc.subject praktikum anatomi en_US
dc.subject pembelajaran daring en_US
dc.title Pengaruh Pengalaman Belajar Terhadap Performa Akademik Praktikum Anatomi dan Retensi Mahasiswa Selama Pembelajaran Daring en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account