Strategi Pembelajaran PAI Menggunakan E-Learning pada Masa Covid-19 di MAN 1 Kota Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Islamia, Diana
dc.date.accessioned 2023-01-09T03:38:38Z
dc.date.available 2023-01-09T03:38:38Z
dc.date.issued 2021-07-21
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6182
dc.description.abstract Teknologi berkembang begitu pesat hingga merambah ke dunia pendidikan. Lembaga pendidikan harus terus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi karena objek dari pendidikan adalah siswa yang mana mereka adalah generasi penerus bangsa. Pada masa pandemi seperti ini para siswa terpaksa harus belajar dari rumah dengan pembelajaran daring hingga menggunakan platform e-learning. Hal tersebutlah yang melatar belakangi MAN 1 Kota Malang untuk menggunakan platform e-learning dalam proses setiap mata pelajaran, termasuk juga pelajaran PAI. Dari latar belakang penelitian di atas maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang strategi e-learning dan bahan ajar pada pembelajaran PAI serta faktor-faktor yang mempengaruhi baik yang mendukung atau menghambat strategi tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi e-learning dan bahan ajar yang diterapkan oleh para guru pada pembelajaran PAI. dan juga faktor yang mendukung dan menghambat strategi e-learning pada pembelajaran PAI. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas fenomena secara sistematis, metode wawancara yakni pengumpulan data melalui tanya jawab melaui google form dengan sumber penelitian yakni guru PAI, dan metode dokumentasi yaitu data yang diperoleh dari agenda, laporan-laporan dan sebagainya. Dalam penelitian ini para guru berusaha meningkatkan kompetensi dan minat siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan media e-learning sebagai pusat pembelajaran. Dengan dilaksanakannya pembelajaran jarak jauh platform ini sangat mendukung kegiatan belajar siswa. Sekalipun penggunaan platform ini begitu sulit saat awal menggunakan, akan tetapi sangat mendukung proses pembelajaran saat jarak jauh. Dan berdasarkan hasil temuan penelitian bahwasannya platform ini sangat efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran hanya melalui daring. Dikarenakan dengan menggunakan platform ini para guru dapat mengkordinir pembelajaran siswa sekalipun berjarak jauh. Para guru menerapkan strategi web based learning, digital colaboration dan strategi lainnya dengan menyesuaikan materi yang akan diajar dan kompetensi siswa pada jam belajar tersebut. Para guru juga berusaha memberikan pembelajaran yang terbaik untuk siswanya agar memudahkan para siswa untuk belajar jarak jauh dan mecapai hasil belajar dengan maksimal. Para guru menggunakan bahan ajar berbagai macam diantaranya E-book, jurnal, youtube, dan lainnya yang bisa mendukung proses pembelajaran. Adapun media untuk penyampaiannya para guru PAI menggunakan whatsapp, power point, video youtube, dan lainnya. Bahan ajar dan media tersebut semua terdapat atau dapat juga diakses di e-learning karena platform ini adalah pusat media pembelajaran yang dilaksanakan. Adanya penggunaan zoom meet, google meet, voice note dan lainnya itu dijadikan sarana pembelajaran jarak jauh sebagai ganti dari pembelajaran tatap muka dan menjelaskan materi. Adapun faktor yang mendukung dan menghambat itu juga termasuk pada kekurangan dan kelebihan strategi pembelajaran ini. Faktor-faktor yang menghambat siswa dalam menggunakan e-learning yang paling mendominan adalah jaringan internet yang buruk. Hal ini diluar kendali siswa dan guru karena memang pembelajaran ini diakses dari rumah masing-masing yang tentunya kondisi jaringan setiap tempat bisa berbeda. Sedangkan kelebihan dari pembelajaran ini bisa diakses kapanpun dan dimanapun tidak ada batas jarak dan waktu. Adapun hal yang harus diperhatikan sebagai saran adalah sebaiknya tugas guru tidak mempengaruhi pembelajaran siswa agar tujuan belajar dapat dicapai sebagaimana yang diharapkan. Dan para guru PAI terus mengembangkan inovasi pembelajaran untuk meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran PAI dimasa Covid-19 ini sekalipun pembelajaran dilaksanakan jarak jauh. Selain agar mencetak siswa yang berkompetensi tinggi, tentunya agar lembaga semakin maju dan unggul. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pembelajaran PAI, E-Learning. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Strategi Pembelajaran en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.subject E-Learning en_US
dc.title Strategi Pembelajaran PAI Menggunakan E-Learning pada Masa Covid-19 di MAN 1 Kota Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account