View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan

Thumbnail
View/Open
Publish (1.593Mb)
Fulltext (3.198Mb)
Date
2021-06-08
Author
Cahyani, Ais Lima’atud Diana
Metadata
Show full item record
Abstract
Hakikatnya pendidikan sangat memiliki arti penting bagi kehidupan manusia, keberadaan suatu pendidikan juga sangat mempengaruhi perkembangan serta kelangsungan hidup bagi manusia. Oleh sebab itu pendidikan merupakan pengajaran dan pelatihan mengenai proses perilaku seseorang. Terutama guru pendidikan agama islam bukan hanya sekedar berkewajiban untuk mentransfer ata mengajarkan peserta didik mengenai aqidah dan syari’ah tetapi guru pendidikan agama islam dituntut untuk profesional dalam perilaku, sikap, dan selalu menjaga diri dalam hal yang tidak baik agar dapat mengubah sikap atau perilaku peserta didik sesuai dengan ajaran-ajaran islam yang telah ditentukan, Berdasarkan fokus dalam penelitian ini, maka peneliti mengungkapkan tentang: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (2) Strategi guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (3) Metode guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. (4) Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang terjun kelapangan untuk melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunkan metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu Guru pendidikan Agama Islam, Guru BK, dan siswa. Temuan penelitian ini merumuskan bahwa: (1) Peran guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan, memiliki 4 peranan fokus, yaitu: A. Peran Guru PAI sebagai motivator. B. Peran Guru PAI sebagai keteladanan. C. Peran Guru PAI sebagai kebiasaan. D. Peran Guru PAI dalam memberikan hukuman. (2)Faktor pendukung dan penghambat guru pendidikan agama islam dalam membentuk akhlakul karimah siswa di Madrasah Aliyah Babul Futuh Pandaan, yaitu: (1) Faktor pendudkung, (2)Faktor penghambat   Kata Kunci : Peran Guru, Akhlakul Karimah
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6184
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group