Peran Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Zahro, Azizatuz
dc.date.accessioned 2023-01-11T02:43:02Z
dc.date.available 2023-01-11T02:43:02Z
dc.date.issued 2022-06-30
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6210
dc.description.abstract Keluarga pendidik pertama dan utama, artinya disinilah dimulainya proses interaksi pendidikan, bimbingan pendidikan agama dari keluarga sangat berpengaruh pada perkembangan sikap anak, maka dari itu peran keluarga akan sangat mempengaruhi proses belajar anak dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah. Tujuaan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang, dengan memfokuskan pada 3 fokus penelitian yaitu: pertama, perencanaan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang. Kedua, pelaksanaan peran keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ketiga, evaluasi keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang. Pebelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitukondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibilitas yang terdiri dari perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan pembahasan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan keluarga yaitu mencaritahu gaya belajar anak, dan media yg dibutuhkan, menumbuhkan semangat belajar anak salah satunya dengan menjanjikan sesuatu yang diinginkan ketika mengalami kenaikan prestasi belajar. (2) Pelaksanaan peran keluarga yaitu selalu memberikan bimbingan dan motivasi, mengawasi pergaulan anak, selalu memberi perhatian anak, menemani ketika belajar. (3) Evaluasi yang dilakukan keluarga yaitu dengan membandingkan prestasi belajar yang sekarang dengan tahun lalu, jika mengalami peningkatan maka perencanaan dan pelaksanaan keluarga dalam meningkatkan prestasi belajar anak dilanjutkan penerapannya dan memberi apresiasi, tetapi ketika mengalami penurunan maka harus mencari tahu penyebabnya dan memperbaikinya. Kata Kunci : Peran Keluarga, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Peran Keluarga en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title Peran Keluarga dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP IT As-Salam Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account