Independent Curriculum Learning Plan of Reading and Writing in Inclusive Schools
Date
2023-01-23Author
Daroini, Liyya Mutimmatud
Prasetyoningsih, Luluk Sri Agus
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan ATP dan modul ajar pembelajaran
literasi kelas 1 dengan kurikulum belajar mandiri di sekolah inklusi SDN Sumbersari 2
Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan
peneliti berupa dokumentasi ATP dan Modul Pengajaran Bahasa Indonesia di kelas I SDN
Sumbersari 2 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi dan
wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan perencanaan
pembelajaran literasi berupa ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dan Modul Pengajaran yang
dirancang oleh pendidik untuk siswa reguler, hiperaktif/ADHD dan gangguan pendengaran
ringan. Pendidik menggunakan ATP (Aliran Tujuan Pembelajaran) dari Kemendikbud,
pendidik tidak memodifikasi ATP (Aliran Tujuan Pembelajaran) untuk siswa hiperaktif dan
gangguan pendengaran ringan. Pendidik merancang Modul Ajar yang sesuai dengan buku
pegangan guru yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pendidik
juga tidak mendesain/memodifikasi modul pengajaran khusus untuk siswa hiperaktif/ADHD
dan tunarungu ringan.