Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna di SMAN 1 Kedungpring Lamongan

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Nifah, Ursilatun
dc.date.accessioned 2023-08-08T05:27:36Z
dc.date.available 2023-08-08T05:27:36Z
dc.date.issued 2023-07-14
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7776
dc.description.abstract Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui penanaman nilai-nilai karakter melalui pembacaan Asmaul Husna sebelum kegiatan pembelajaran. Penelitian di latar belakangi oleh banyak penyimpangan remaja yang terjadi di wilayah Indonesia. Sehingga menunjukkan karakter yang harus di perbaiki dan ditingkatkan. Dari latar belakang diatas penelitian maka peneliti merumuskan masalah yakni bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter melalui pembiasaan pembacaan Asmaul husna , faktor pendukung dan penghambat dari kegiatan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan proses pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai karakter melalui pembiasaan pembacaan Asmaul Husna sebelum kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 1 Kedungpring. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kedungpring. proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu pengamatan, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan dengan menggunakan tanya jawab secara lisan dengan narasumber dan metode dokumentasi yaitu mencari data-data mengenai hal-hal yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil penelitian yang didapatkan adalah : 1) pelaksanaan penanaman nilai-nilai karakter dilihat dari pembiasaan pembacaan Asmaul husna yang dilakukan secara rutin dan dibaca setiap pagi dengan tujuan untuk memahami, mengamalkan makna yang terkandung dalam lafadz Asmaul husna; 2) penanaman nilai-nilai karakter melalui pembiasaan pembacaan Asmaul Husna salah satunya adalah karakter action yaitu : perasaan, sikap, emosi, kemauan, kesadaran dan terdapat juga nilai kejujuran, tanggung jawab, disiplin sopan santun sudah berjalan dengan baik 3) adanya sistem penilaian untuk pembacaan Asmaul husna dengan cara menyetorkan hafalan Asmaul husna sehingga siswa antusias dan meningkatkan kecerdasan spiritual. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah kedepan dari SMA Negeri 1Kedungpring untuk dapat meningkatkan nilai-nilai karakter siswa melalui pembiasaan-pembiasaan lain yang lebih menarik dan lebih baik agar bisa mencapai tujuan SMA Negeri 1 Kedungpring yang lebih baik, berkarakter dan berkakhlak mulia. Kata Kunci : Nilai Karakter, Pelaksanaan, Faktor Penghambat dan Pendukung, Pembacaan Asmaul Husna. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai Karakter en_US
dc.subject Pelaksanaan en_US
dc.subject Faktor Penghambat dan Pendukung en_US
dc.subject Pembacaan Asmaul Husna en_US
dc.title Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Pembiasaan Pembacaan Asmaul Husna di SMAN 1 Kedungpring Lamongan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account