Implementasi Model Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Aziz, Kafaa Ainul
dc.date.accessioned 2023-09-05T03:53:16Z
dc.date.available 2023-09-05T03:53:16Z
dc.date.issued 2023-06-19
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8008
dc.description.abstract Jika kita mencermati media massa, baik cetak maupun elektronik, akhir akhir ini banyak fenomena yang menunjukkan bahwa kita warga bangsa ini seakan akan bukanlah bangsa yang berpendidikan dan beradab. Penghujatan, penghinaan, saling fitnah, iri hati, tindak kriminal, korupsi, saling bunuh, pemerkosaan, narkoba, tawuran antar pelajar, dan hilangnya rasa kemanusiaan, menjadi sajian utama media massa yang tiada habisnya. Barangkali salah satu penyebabnya adalah model pendidikan di negeri ini yang orientasinya mengedepankan kecerdasan otak dan kepintaran akal semata sedang kecerdasan batin diabaikan. Akibatnya kemampuan dan aplikasi terhadap ilmu yang diperoleh tidak maksimal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mencari dampak dari Pendidikan yang mempunyai output yang penulis lihat mampu untuk menjawab kegelisahan dari sepua kegelisahan dari hal ini. Untuk menjawab persoalan tersebut maka di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang menawarkan Model Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah. Oleh sebab demikian peneliti melakukan penelitian dengan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Apa saja nilai-nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang? (2) Bagaimana proses implementasi nilai-nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang? (3) Bagaimana model implementasi nilai- nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi Naturalistic. Penelitian dalam pandangan fenomenologi memahami peristiwa dalam kaitannya dengan orang dalam situasi yang ada di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang. Dalam proses pengumpulan data, maka instrument utamanya adalah peneliti itu sendiri, namun demikian peneliti tetap menggunakan pedoman wawancara, pengamatan dan dokumentasi sebagai alat pengumpul data. Sedangkan teknik analisis data peneliti menggunakan proses analisis data deskriptif melalui 4 alur kegiatan yang berlangsung secara Bersama yaitu: (1) Reduksi data, (2) Paparan atau sajian data, (3) Penarikan kesimpulan, dan (4) Triangulasi dengan mendiskusikan paparan data dan hasil temuan yang telah ditemukan dilapangan. Hasil temuan penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang ini: (1) Nilai-nilai Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah yang kami temukan sebagai hasil dari Pendidikan yang dilakuakn di pondok pesantren Miftahul Huda adalah, 1. Religious yang terbentuk dari proses taubat. 2. Mandiri yang terbentuk dari poses riyadlah yang dilakukan oleh para santri. 3. Disiplin yang terbentuk dari kegiatan tawajuhan yang diwajibkan. 4. Kejujuran yang terbentuk dari mujahadah. 5. Rendah hati yang terbentuk dari pembelajaran zuhud dilingkungan pondok. 6. Konsistensi dan keistiqomahan yang terbentuk dari kebiasaan berdzikir. 7. Usawatuh hasanah yang dipelajari di kegitan Manaqib. (2) Implementasi dari nilai-nilai Pendidikan sufistik tarekat qosiriyyah wa naqsabandiyah secara garis besar terdapat tiga hal; Pertama, Kewadhifahani, yaitu seluruh aspek kegiatan ‘ubudiyyah dalam sehari-hari, Kedua, Tarbiyyah, yaitu kegiatan pembelajaran dan penanaman ilmu yang diutamakan pada Pendidikan Sufistik baik di lembaga formal maupun lembaga non formal. Ketiga, Syi’ar Islam, ialah, seluruh kegiatan keagamaan yang bersifat umum seperti manaqiban, dzikir khususi, dan haul Akbar. (3) Model Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah, yaitu; Pertama, metode Ta’lim, Kedua, Model Ta’dzib, dan Model metode Uswah en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai-Nilai Pendidikan Tarekat en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.title Implementasi Model Pendidikan Sufistik Tarekat Qadiriyyah Wa Naqsyabandiyyah dalam Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account