Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin Bangkalan

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Sugiarto, Totok
dc.date.accessioned 2023-09-14T01:56:29Z
dc.date.available 2023-09-14T01:56:29Z
dc.date.issued 2023-07-05
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8079
dc.description.abstract Naluri manusia memiliki kecenderuangan cinta dan peduli terhadap kelompoknya. Pelajar berkarakter cinta tanah air, akan berusaha membela komunitasnya dan tidak rela jika kelompoknya direndahkan. Namun adanya anomali berupa penyimpangan-penyimpangan atau lunturnya nilai-nilai karakter cinta tanah air adalah hal yang tidak dapat dipungkiri sebagaimana yang terjadi pada pelajar Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Akibat derasnya arus globalisasi dengan pesatnya teknologi dan informasi, ikut berperan mengikis rasa cinta terhadap tanah air Indonesia. Fokus penelitian terdiri atas tiga, yaitu jenis nilai nilai karakter cinta tanah air yang dinternalisasikan, perencanaan internalisasinya, dan prosesnya internalisasinya melalui Rumpun Mata Pelajaran PAI di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan, menganalisis dan menginterpretasi terhadap ketiga fokus penelitian di atas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu bersumber dari kegiatan pembelajaran rumpun Mata Pelajaran Agama Islam kelas XI Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan metode tersebut peneliti menganalisis data yang ada melalui tiga komponen yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan jenis nilai-nilai katakter cinta tanah air yang diinternalisasikan adalah nilai-nilai karakter cinta tanah air yang termuat dalam KI-KD dari rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diklasifikasi menjadi tiga aspek yaitu, aspek bela negara, aspek toleransi, dan aspek taat pada peraturan dan norma. 2). Perencanaan internalisasinya, mengacu pada perencanaan pembelajaran menurut Dick & Carey dengan hasil secara umum berkategori baik karena sebagain besar unsur-unsurnya terpenuhi. 3) Proses internalisasinya melalui tahapan-tahapan berupa: transformasi nilai, transaksi nilai dan transinternalisasi nilai. Sedangkan strategi internalisasinya berupa keteladan, pembiasaan, ibrah dan amtsal, nasehat, targhib wa tarhib, kedisiplinan, moral reasoning, dan forecasting concequence. Saran dari peneliti kiranya penelitian ini dapat menjadi manfaat bagi masyarakat luas dan dapat bermanfaat bagi pengambilan keputusan lembaga pendidikan. Diharapkan bahwa penelitian ini dapat menjadi landasan penelitian selanjutnya atas apa yang belum tersentuh oleh penelitian ini en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Nilai Karakter Cinta Tanah Air en_US
dc.subject Rumpun Mapel PAI en_US
dc.title Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Cinta Tanah Air Melalui Rumpun Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Al-Mukhlisin Bangkalan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account