Studi Alternatif Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dengan Precast Prestressed Concrete Pavement (PPCP) Dijalan Lingkar Tuban

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Prayoga, Alldy
dc.date.accessioned 2023-09-14T02:09:07Z
dc.date.available 2023-09-14T02:09:07Z
dc.date.issued 2023-07-27
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8090
dc.description.abstract Jalan merupakan salah satu prasaranan penghubung darat yang mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan perekonomian, social budaya, pengembangan wilayah pariwisata dan pertahanan keamanan. Jalan merupakan komponen penting dalam infrastruktur yang berhubungan dengan tata ruang. Perkerasan kaku PPCP adalah perkerasan menggunakan beton prategang yang tegangan tarikya pada kondisi pembebanan tertentu dihilangkan atau dikurangi sampai batas aman dengan pemberian gaya tekan permanen, dan baja prategang (strand) dilakukan pra-tarik (pre-tension) sebelum beton mengeras atau dilakukan pasca-tarik (post-tension) setelah beton mengeras. Dengan prategang, tebal perkerasan eton menjadi lebih tipis 35% - 65% dari pada konvesioanal. Terdapat beberapa opsi yaitu dengan cara melakukan pembuatan jalan sesuai dengan kebutuhan lalulintas dan juga menggunakan perkerasan kaku PPCP, menghitung CBR tanah dasar, LHR, RAB yang kemudian dihitung sehingga mendapatkan hasil perencanaan jalan PPCP. Hasil perencanaan perkerasan kaku PPCP pada jalan lingkar Tuban adalah ditentukan rencana selama 20 tahun erosi fatik sebesar 14,17% < 100 dengan tebal lapis 200 mm,. Ditentukannya CBR tanah dasar 3,5%, tanah dasar efektif 25%, jumlah repitisi sumbu 2,882146653 x 107. Untuk perencanaan alternatif dengan precast prestressed concrete pavement dengan tebal 200 mm, panel yang digunakan 3,5 m x 12 m sebanyak 24 tendon per segmennya 140 m dan dibagi pada pusat panel menjadi 70 m, plat beton menggunakan Ø10 mm berjarak 125 mm sebagai kombinasi pada pratekan yang sebagai penompang sebagian pada momen yang terjadi pada plat beton, sambungan plat beton pada arah melintang D16 mm – 700 mm dengan jarak 750 mm, sambungan melintang sebagai expantion joint dowel Ø33 mm – 500 mm yang dipasang sejarak 300 mm dengan ujung diberi topi pemuaian, rencana anggaran biaya (RAB) untuk perencanaan perkerasan jalan beton dengan PPCP ini dibutuhkan biaya sebesar Rp. 97,535.993.635 (Sembilan Puluh Tujuh Miliar Lima Ratus Tiga Puluh Lima Juta Sembilan Ratus Sembilan Puluh Tiga Ribu Enam Ratus Tiga Puluh Lima Rupiah) Kata Kunci : Jalan, Perkerasan Kaku, PPCP, Lingkar Tuban en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Jalan en_US
dc.subject Perkerasan Kaku en_US
dc.subject PPCP en_US
dc.subject Lingkar Tuban en_US
dc.title Studi Alternatif Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) dengan Precast Prestressed Concrete Pavement (PPCP) Dijalan Lingkar Tuban en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account