Implementasi Media Pembelajaran Spin The Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Rachma, Irnia Cahaya
dc.date.accessioned 2023-10-13T07:08:56Z
dc.date.available 2023-10-13T07:08:56Z
dc.date.issued 2023-08-15
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8312
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang. Media pembelajaran spin the wheel dirancang untuk mendorong interaksi siswa dengan konten pembelajaran melalui permainan atau aktivitas putar roda, dengan harapan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini membahas tentang implementasi media pembelajaran spin the wheel. Peneliti merumuskan 3 tujuan penelitian diantaranya: Mendeskripsikan perencanaan, implementasi dan evaluasi penggunaan media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripif kualtitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan-catatan, buku, dan lain sebagainya. Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan pada implementasi media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang maka disajikan kesimpulan sebagai berikut: Perencanaan penggunaan media pembelajaran spin the wheel pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang, guru menyiapkan RPP, menyiapkan metode dan media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran, dan menyiapkan absensi siswa Implementasi media pembelajaran spin the wheel mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang yaitu guru membagi menjadi tiga tahap proses kegiatan pembelajaran yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan ini, dan kegiatan penutup. Mendorong interaksi siswa dengan pembelajaran melalui permainan. Membuat siswa merasa senang dan tidak bosan. Membuat siswa tidak jenuh dalam proses pembelajaran. Serta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Evaluasi penggunaan media pembelajaran spin the wheel dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang yaitu guru melakukan tes evaluasi berupa evaluasi lapangan praktik. Menguji media spin the wheel kepada beberapa siswa dan kelas dengan menggunakan pretest dan posttest untuk mengevaluasi pembelajaran siswa serta tingkat pemahaman atau wawasan siswa.   Kata Kunci: Implementasi, Media Spin The Wheel, Hasil Belajar Siswa. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Media Spin The Wheel en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Implementasi Media Pembelajaran Spin The Wheel dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 9 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account