Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur`an Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Singosari Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Mariskah, Vira
dc.date.accessioned 2023-10-16T03:08:57Z
dc.date.available 2023-10-16T03:08:57Z
dc.date.issued 2023-07-29
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8385
dc.description.abstract Membaca Al-Qur`an adalah sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Langkah pertama adalah untuk dapat memahami informasi yang terkandung di dalam membacanya. Mampu membaca Al-Qur'an dengan lancar (baik dan benar) Menurut kaidah ilmu tajwid, diperlukan pengajaran, berlatih dan biasakan. Ini sangat penting karena membaca Al-Qur`an tidak sama dengan membaca kitab suci lain, buku atau tulisan lain. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur`an Bagi Siswa MTs Miftahul Ulum Singosari. Yang berfokus pada 3 rumusan yaitu pertama, Bagaimana cara guru mengidentifikasi kesulitan membaca Al-Qur`an pada siswa MTs Miftahul Ulum Singosari Malang,kedua, bagaimana cara guru mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an pada siswa MTs Miftahul Ulum Singosari Malang,ketiga, bagaimana hasil setelah dilakukannya program belajar membaca Al-Qur`an dengan metode Bil Qolam di MTs Miftahul Ulum Singosari Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat yaitu: kondensasi data, pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini menngunakan tiga teknik yaitu: ketekunan/ keajegan pengamatan, triangulasi dan pengecekan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa,cara atau peran guru mengatasi kesulitan membaca Al-Qur`an pada siswa MTs Miftahul Ulum Singosari Malang yaitu:memberi inspirasi kepada siswa,melakukan program belajar membaca Al-Qur`an dengan menggunakan metode Bil Qolam dilakukan sebelum 10 menit jam pelajaran berakhir (dengan menggunakan metode Bil Qolam),bekerja sama dengan guru lain,memberikan pujian kepada siswa supaya bersemangat belajar Al-Qur`an, dan mengadakan sumber belajar yang variatif. Program belajar membaca Al-Qur`an dengan menggunakan metode Bil Qolam di masjid Al-Ikhlas, mulai dari jilid 1 sampai 4 yang dibagi menjadi 10 kelompok. Terdapat tingkat kesesuain membaca Al-Qur`an berdasarkan kemampuan siswa-siswi yang ada disetiap kelompoknya. Kegiatan tersebut dilakukan pada waktu 10 menit sebelum pembelajaran berakhir atau sesudah dilakukannya sholat Dhuhur berjamaah di masjid Al-Ikhlas. Kata kunci: Peran Guru, Mengatasi Kesulitan, Membaca Al-Qur`an en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Peran Guru en_US
dc.subject Mengatasi Kesulitan en_US
dc.subject Membaca Al-Qur`an en_US
dc.title Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Qur`an Bagi Siswa Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Singosari Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account