Strategi Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an Melalui Pembinaan Ekstrakulikuler Qiro’ah Siswa SMP Negeri 1 Pakis Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Salsabila, Naqiyah
dc.date.accessioned 2023-10-16T03:53:08Z
dc.date.available 2023-10-16T03:53:08Z
dc.date.issued 2023-08-16
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8391
dc.description.abstract Dilihat dari situasi objektif siswa SMP Negeri 1 Pakis Malang saat ini, salah satu masalah yang lebih mendasar adalah kurangnya disiplin dalam proses pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur’an, dan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an. Persoalan ini harus segera diatasi agar siswa SMP Negeri 1 Pakis tidak menemui kegagalan di segala bidang, karena Al-Qur’an merupakan sumber ajaran Islam yang komprehensif dan seluruh aspek kehidupan manusia. Oleh karena itu, membaca dan menulis al-Qur’an sejak dini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-Qur’an. Mengajarkan al-Qur’an kepada anak merupakan salah satu cara untuk merangsang berkembangnya potensi anak, yaitu berkembangnya keterampilan membaca dan menulis. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui penyebab ketidakmampuan baca tulis al-Qur’an, Implementasi kegiatan ekstrakulikuler qiro’ah dalam baca tulis al-Qur’an dan mengetahui kesulitan guru dalam membina ekstrakulikuler qiro’ah baca tulis al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif untuk mengambarkan (to describe), menjelaskan dan menjawab persoalan-persoalan tentang fenomena dan persitiwa yang terjadi saat ini, baik tentang fenomena sebagaimana adanya maupun analisis hubungan antara berbagai variable dalam suatu fenomena. Pengumpulan datanya menggunakan obseervasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga tahap, yakni : Reduksi data, Penyajian data dan Kesimpulan data. Hasil penelitian menemukan 3 temuan diantaranya: 1. Factor penghambat berupa kurangnya motivasi siswa, tingkat kecerdasan anak yang sebagian di bawah standar sebagian pola pikir siswa yang kurang baik, lingkungan masyarakat, waktu, teman, orang tua dan sarana prasarana. 2. Implementasi kegiatan di laksanakan dalam bentuk Hafalan, Iqro’, Tilawah dan Imla’ atau seni kaligrafi. 3. Kesulitan guru diantaranya kurangnya focus, rangkap jabatan, kurangnya tenaga pendidik, kurangnya waktu dan sarana prasarana.   Kata Kunci : Kemampuan, Baca Tulis Al-Qur’an, Ekstrakulikuler Qiro’ah en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Baca Tulis Al-Qur’an en_US
dc.subject Ekstrakulikuler Qiro’ah en_US
dc.title Strategi Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al- Qur’an Melalui Pembinaan Ekstrakulikuler Qiro’ah Siswa SMP Negeri 1 Pakis Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account