Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Siswa di MTs El-Jasmeen Singosari

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Hasanah, Dita
dc.date.accessioned 2023-10-16T05:10:15Z
dc.date.available 2023-10-16T05:10:15Z
dc.date.issued 2023-08-07
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8427
dc.description.abstract Strategi guru merupakan pendekatan umum mengajar yang berlaku dalam berbagai bidang materi dan digunakan untuk memenuhi berbagai tujuan pembelajaran yang ada di sekolah. Oleh sebab itu, rangkaian dalam strategi guru harus terdapat kandungan materi yang bervaliasi pada prinsip nilai perubahan karakter siswa. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Siswa di MTs El-Jasmeen Singosari. Penelitian ini memiliki konteks penelitian bahwa guru akidah akhlak memiliki peran penting dalam membentuk akhlak mulia siswa. Sebagai seorang pendidik, guru akidah akhlak bertanggung jawab untuk membantu siswa memahami nilai-nilai moral dan etika yang baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa siswa memiliki perilaku mulia, seperti disiplin saat masuk kelas, menjaga kebersihan lingkungan, hormat kepada guru, dan terbiasa melaksanakan sholat dhuha. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di MTs El-Jasmeen Singosari. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, yaitu pengamatan yang merupakan aktivitas penelitian fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variabel, yang berupa catatan-catatan, buku, dan lain sebagainya. Serta pemilihan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi kelas dan siswanya. Perencanaan Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di MTs El-Jasmeen Singosari yaitu guru telah menyiapkan perencanaan ada yang tertulis dan tidak tertulis. Perencanaan secara tertulis seperti menyiapkan RPP yang berisikan materi tentang akhlak terpuji, serta terdapat perencanaan yang di buat oleh madrasah yang terdapat didalam Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) berupa kegiatan yang dapat membentuk akhlak mulia pada siswa. Pelaksanaan Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di MTs El-Jasmeen Singosari dalam RPP guru membagi menjadi tiga tahap, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Pada penyampaian materi pembelajaran guru menggunakan metode dan media yang bervariasi yang berkaitan dengan membentuk akhlak mulia pada siswa. Sedangkan pada rencana yang terdapat didalam program madrasah, siswa dianjurkan untuk melaksanakan sholat dhuha berjamaah agar memiliki karkater religius dan mudah menerima pelajaran dengan baik. Guru juga menghimbau siswa untuk datang tepat waktu, melakukan salam dan sapa terhadap orang lain, dan menjaga lingkungan madrasah agar selalu bersih, karena kebersihan adalah sebagian dari iman. Hasil pelaksanaan dari perencanaan Guru Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia pada siswa di MTs El-Jasmeen Singosari yaitu siswa menjadi lebih religius dan terdapat perubahan perilaku menjadi lebih baik dan mampu mengaplikasikan akhlak mulia dalam kehidupan sehari-hari. Dari keteladanan yang ada pada guru dapat memberikan hal positif bagi siswa. Dan hasil yang diinginkan sudah sesuai dengan visi dan misi dari madrasah yaitu beriman dan bertakwa serta terampil dan berakhlakul karimah. Melaksanakan kegiatan dan lingkungan yang islami. Menerapkan proses belajar mengajar yang efektif dan mendukung. Membekali siswa dengan keterampilan keislaman. Menanamkan dan mengembangkan akhlak yang baik bagi siswa. Hal yang perlu dicatat sebagai saran tentang bagaimana langkah selanjutnya dari MTs El-Jasmeen Singosari untuk dapat membentuk akhlak mulia pada siswa dengan menggunakan inovasi terbaru untuk kemajuan dalam mencapai tujuan dari MTs El-Jasmeen Singosari yang lebih baik dan memuaskan.   Kata Kunci: Strategi, Guru Akidah Akhlak, Akhlak Mulia en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Strategi en_US
dc.subject Guru Akidah Akhlak en_US
dc.subject Akhlak Mulia en_US
dc.title Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia pada Siswa di MTs El-Jasmeen Singosari en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account