Pengaruh Kemampuan Critical Thinking Terhadap Prestasi Akademik Kegiatan Praktikum Patologi Klinik : Studi pada Nilai Post-Test dan Nilai Responsi Mahasiswa Pre-Klinik FK UNISMA

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Putri, Nadia Alifia
dc.date.accessioned 2023-10-24T08:16:43Z
dc.date.available 2023-10-24T08:16:43Z
dc.date.issued 2023-07-04
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8555
dc.description.abstract Pendahuluan: Kegiatan praktikum patologi klinik merupakan salah satu kompetensi pembelajaran yang menekankan pada analisa suatu penyakit terkait penyebab, mekanisme, hingga diagnosis. Dalam kegiatan tersebut terjadi proses penalaran berpikir kritis berupa mencari, menganalisis, dan mengevaluasi sebelum melakukan suatu keputusan. Mahasiswa dengan kemampuan berpikir kritis baik memiliki kemampuan menganalisis secara kritis materi pembelajaran, mengevaluasi informasi, dan berperan aktif selama pembelajaran berlangsung. Sehingga diharapkan dapat menunjang hasil prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis mahasiswa kedokteran pada kegiatan praktikum patologi klinik dan pengaruhnya terhadap prestasi akademik. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain observasional analitik dengan pendekatan secara cross sectional. Berpikir kritis diukur menggunakan kuesioner Critical Thinking Mindset Self-Rating Form yang dikembangkan oleh Peter A.Facione pada tahun 2020. Analisa data yang digunakan yaitu Structural Equation Modeling menggunakan Partial Least Square. Hasil: Evaluasi kemampuan berpikir kritis mahasiswa yang memiliki kategori baik sebesar 87% dengan dimensi pembentuk terbesar pada dimensi interpretation dengan nilai rata-rata sebesar 90,22%. Pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap prestasi akademik (nilai responsi) memiliki nilai T statistic = 3.638 (T statistic >1.96 = valid); P value = 0.000 (P value <0.005 = valid); Path Coefficient = 0.303. Sedangkan, pengaruh kemampuan berpikir kritis melalui post-test terhadap prestasi akademik (nilai responsi) memiliki nilai T statistic = 0.908 (T statistic >1.96 = valid); P value = 0.364 (P value <0.005 = valid); Path Coefficient = 0.035. Kesimpulan: Kemampuan berpikir kritis berpengaruh terhadap prestasi akademik (nilai responsi). Sedangkan, kemampuan berpikir kritis melalui post-test tidak berpengaruh terhadap prestasi akademik (nilai responsi). Kata Kunci: Berpikir Kritis; Post-test; Prestasi Akademik; Praktikum Patologi Klinik en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Post-test en_US
dc.subject Prestasi Akademik en_US
dc.subject Praktikum Patologi Klinik en_US
dc.title Pengaruh Kemampuan Critical Thinking Terhadap Prestasi Akademik Kegiatan Praktikum Patologi Klinik : Studi pada Nilai Post-Test dan Nilai Responsi Mahasiswa Pre-Klinik FK UNISMA en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account