Kreativitas Guru PAI Melalui Pembiasaan Mengaji Kitab Kuning pada Siswa SMP Ahmad Yani Kota Batu

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Ali, Afa Roihani
dc.date.accessioned 2023-10-25T02:08:14Z
dc.date.available 2023-10-25T02:08:14Z
dc.date.issued 2023-08-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/8592
dc.description.abstract Kreativitas guru pendidikan agama Islam adalah kemampuan pendidikan untuk mengekspresikan dan mewujudkan potensi daya berpikirnya, sehingga menghasilkan sesuatu yang baru dan unik atau mengombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih menarik. Pembiasaan mengaji kitab kuning ini dilatar belakangi karena kebanyakan siswa SMP berhenti mengaji alqur’an ketika kelas 6 dan tidak semua siswa meneruskan ke jenjang selanjutnya seperti madrasah diniah. Oleh sebab itu guru PAI melakukan inovasi dengan mengadakan pembiasaan mengaji kitab kuning, dengan harapan siswa siswi memiliki budi pekerti yang baik, maka akan terbentuk karakter yang baik pula, dan masih banyak perubahan baik yang ada dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Pembiasaan mengaji kitab kuning pada siswa di SMP Ahmad Yani (2) Kreativitas guru PAI dalam pembiasaan mengaji kitab kuning pada siswa di SMP Ahmad Yani (3) kendala yang dihadapi dalam pembiasaan mengaji kitab kuning pada siswa di SMP Ahmad Yani Metode penlitian tersebut penelitian dilakukan dengan jenis pendeketan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Ahmad Yani Kota Batu. Adapun teknik analisis data dengan pengumpulan data, kondensasi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan membuahkan sebuah kesimpulan: (1) Pembiasaan mengaji kitab kuning pada siswa di smp ahmad yani kota batu dilaksanakan siswa membiasaakan melaksanakan solat duha berjamaah terlebih dahulu setelah itu membaca amaliah-amaliah seperti istighosah, yasin tahlil dan burdah.Pembiasaan mengaji kitab kuningh ini menggunakan sumber kitab kuning yang mudah dipahami oleh siswa yaitu kitab mabadiul fiqhyah, aqidatul awam, bagdadiah dan masa ilul haidh. (2) Kreativitas guru dalam pembiasaan mengaji kitab kuning pada siswa di smp ahmad yani kota batu. Guru membentuk pembiasaan mengaji kitab kuning dengan pengadaan mengaji kitab kuning. Membentuk kelas-kelas halaqoh diniah sesuai kemampuan siswa. Melaksanakan pembiasaan mengaji kitab kuning dan di isi oleh guru agama. (3)Hambatan yang dilakukan guru pai dalam mengaji kitab kuning pada siswa di smp ahmad yani kota batu. Hambatan pembiasaan mengaji kitab kuning yaitu ramai, kurangnya kesadaran siswa tentang pentingnya belajar mengaji kitab kuning. Hambatan pembiasaan mengaji kitab kuning yaitu kurang disiplin ketika waktu peembiasaan pagi. Kata Kunci: Kreativitas, Pembiasaan dan Mengaji en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.subject Pembiasaan en_US
dc.subject Mengaji en_US
dc.title Kreativitas Guru PAI Melalui Pembiasaan Mengaji Kitab Kuning pada Siswa SMP Ahmad Yani Kota Batu en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account