Implementasi Nilai-Nilai Asawaja dalam Pergaulan Siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) Plus Hidayatul Mubtadiin

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Rahmatulloh, Ahmad Miftahul Iqbal
dc.date.accessioned 2024-01-11T07:45:06Z
dc.date.available 2024-01-11T07:45:06Z
dc.date.issued 2022-07-16
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9012
dc.description.abstract Pendidikan sekolah saat ini perlu ditanamkan norma-norma agama dan nilai-nilai Aswaja pada peserta didik agar tidak terjerumus dalam pergaulan yang menyimpang. Peran guru sangat penting dalam pengimplementasian nilai-nilai Aswaja kepada peserta didik agar mampu bergaul dengan baik tanpa mengesampingkan norma-norma agama. Aswaja dianggap sesuai dengan Islam Indonesia. Karena didalmanya terdapat prinsip-prinsip atau nilai-nilai Tawassuth (moderat), Tawazun (seimbang), Tasamuh (toleran) dan I’tidal (tegak lurus) serta Amar Ma’ruf Nahi Munkar (menyerukan kebaikan menjauhi larangan). Berdasarkan konteks penelitian maka peneliti merumuskan fokus penelitian, yaitu tentang (1) Apa saja Nilai Nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? (2) Bagaimana proses internalisasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? (3) Bagaimana model implementasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan nilai-nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. (2) Mendeskripsikan proses internalisasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari. (3) Mendeskripsikan model implementasi nilai nilai aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari Pendekatan penelitiannya adalah penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan tentang Implementasi Nilai-Nilai Aswaja Dalam Pergaulan Siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari, sebagai berikut: (1)Nilai-Nilai Aswaja yang digunakan dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari yaitu tasamuh, amar ma’ruf, tawasuth, I’dal, dan tawazun. (2) Proses Internalisasi nilai-nilai aswaja dalam pergaulan siswa di SMP Plus Hidayatul Mubtadiin berjalan kurang baik, hal ini dapat dibuktikan bahwasannya nilai nilai aswaja pada siswa belum tertanam sepenuhnya. (3) Implementasi nilai-nilai Aswaja dalam pergaulan siswa SMP Plus Hidayatul Mubtadiin Singosari dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Pengimplementasian nilai-nilai tersebut digunakan dengan beberapa metode, yaitu pembiasaan dan pembelajaran. Kata Kunci: Implementasi, Aswaja, Pergaulan en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Aswaja en_US
dc.subject Pergaulan en_US
dc.title Implementasi Nilai-Nilai Asawaja dalam Pergaulan Siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama) Plus Hidayatul Mubtadiin en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account