Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Stuktur Baja Type Warren pada Jembatan Guyangan Kabupaten Trenggalek dengan Metode LRFD (Load And Resistance Faktor Design)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Haq, Agung Izzul
dc.date.accessioned 2024-02-22T01:17:20Z
dc.date.available 2024-02-22T01:17:20Z
dc.date.issued 2023-12-08
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9145
dc.description.abstract Jembatan merupakan wadah penghubung lalu lintas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Jembatan memiliki peranan penting sebagai salah satu roda penggerak pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Perencanaan kontruksi jembatan harus direncanakan dengan baik agar dapat berfungsi dengan optimal. Dalam merencanakan jembatan harus berdasarkan hasil survey dan penyelidikan mengenai kondisi teknis lapangan agar mendapatkan suatu informasi yang jelas dan akurat mengenai lokasi perencanaan jembatan tersebut. Jembatan yang direncanakan harus sesuai persyaratan umum atau pokok-pokok perencanaan agar memenuhi kriteria dalam merencanakan suatu jembatan. Pada pembangunan ini PUPR Kabupaten Trenggalek akan membangun jembatan baru sebagai wadah penghubung transportasi dari daerah ke daerah lain. Dengan adanya jembatan ini akan memberikan pengaruh besar terhadap desa-desa sekitarnya dan memperlancar arus tranportasi antara ketiga desa tersebut. Tujuan dalam kajian ini merencanakan ulang kontruksi jembatan dengan menggunakan struktur rangka baja tipe warren. Jembatan rangka baja tipe warren ini memiliki keunggulan yaitu mampu digunakan untuk struktur dengan bentang panjang juga desainnya yang cukup sederhana yang menjadikan tipe ini memiliki berat yang relatif ringan. Metode yang digunakan untuk analisis perhitungan ini menggunakan metode LRFD (Load Resistance Factor Design). Hasil perencanaan meliputi perhitungan pembebanan pada jembatan rangka baja, penulangan plat lantai kendaraan jembatan yang menggunakan tulangan rangkap D16-100 mm dan tulangan bagi Ø12 – 200 mm. Pada gelagar jembatan menggunakan baja WF, yang terdiri dari gelagar memanjang WF 350 x 175 x 7 x 11, gelagar melintang WF 700 x 300 x 13 x 24 dan gelagar induk WF 300 x 300 x 10 x 15. Sambungan baut menggunakan baut mutu tinggi A-325. Perletakan jembatan menggunakan bantalan Elastomer dengan dimensi panjang 600 mm dengan lebar 550 mm dan tinggi 163 mm. Hasil perhitungan abutment memiliki lebar bawah 310 cm dan tinggi 445 cm. Pada pondasi tiang pancang menggunakan diameter 40 cm dan panjang 17 m dengan jumlah 8 buah, untuk tulangan pondasi menggunakan tulangan pokok 10 D12, dan tulangan spiral D12 – 25 mm. Kata kunci: Jembatan Rangka Baja, Warren Truss, LRFD en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Jembatan Rangka Baja en_US
dc.subject Warren Truss en_US
dc.subject LRFD en_US
dc.title Studi Alternatif Perencanaan Jembatan Stuktur Baja Type Warren pada Jembatan Guyangan Kabupaten Trenggalek dengan Metode LRFD (Load And Resistance Faktor Design) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account