Upaya Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Boko, Nofita
dc.date.accessioned 2024-04-24T02:17:05Z
dc.date.available 2024-04-24T02:17:05Z
dc.date.issued 2023-10-10
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9317
dc.description.abstract Proses belajar mengajar Pendidikan Agama Islam mencakup kegiatan pembelajaran yang berupaya untuk membuat siswa dapat belajar, terdorong belajar dan tertarik untuk terus menerus mempelajari PAI. Dalam menyampaikan pesan Pendidikan Agama Islam diperlukan suatu media pembelajaran. Media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan agama dari pengirim atau guru kepada penerima (siswa) dan dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa sehingga terjadi proses belajar mengajar pendidikan agama. Untuk itu diperlukan pengembangan media pembelajaran PAI agar lebih meningkatkan keberhasilan pembelajaran PAI. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menggali informasi upaya yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan media pembelajaran di SMP Thoriqotun Najah Singosari, Mengetahui strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan media pembelajaran di SMP Thoriqotun Najah Singosari, Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran di SMP Thoriqotun Najah Singosari. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian observasi research yang mana peneliti akan menggambarkan hasil temuan secara rinci. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi yakni pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, metode wawancara yakni pengumpulan dengan cara melakukan tanya jawab untuk mendapatkan hasil data dari informan, dan metode dokumentasi yakni dapat diperoleh melalui dokumen- dokumen dari tempat penelitian. Dalam penelitian ini, Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan teknik data collection, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik uji kredibilitas (credibility), uji transferabilitas (transferability), uji dependabilitas (dependability) dan uji obyektivitas (confirmability). Pengujian keabsahan data diharapkan mampu memberikan penguatan optimal dalam proses pengumpulan data penelitian. Hasil penelitian, adapun upaya guru PAI dalam mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Thoriqotun Najah Singosari adalah dalam mengembangkan suatu media pembelajaran perlu yang namanya upaya kemudian strategi dan yang terakhir hasil. Upaya yang dilakukan guru PAI yakni Guru menyusun perangkat pembelajaran, Guru Sebagai pendamping dan fasilitator, Menyiapkan media pembelajaran, serta Guru menggunakan strategi pembelajaran yang efektif sesuai dengan konsep PAI. Strategi yang dilakukan adalah menggunakan metode pembelajaran PBL (Problem Based Learning), CTL (Contextual Teaching and Learning), metode ceramah dan diskusi sesuai dengan yang dijabarkan yakni memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk memecahkan masalahnya sendiri agar lebih mandiri. Selain upaya dan strategi, yang terakhir adalah hasil dari pembelajaran peserta didik yakni Meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar, Meningkatnya prestasi siswa, serta Meningkatkan keimanan dan keyakinan peserta didik. Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Pengembangan Media, Pembelajaran PAI en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Upaya Guru PAI en_US
dc.subject Pengembangan Media en_US
dc.subject Pembelajaran PAI en_US
dc.title Upaya Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Thoriqotun Najah Singosari Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account