Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran Al-Qur`an Hadis di Kelas XI MA Miftahul Hasan

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Fanani, Moh.Zainal
dc.date.accessioned 2024-04-30T04:41:21Z
dc.date.available 2024-04-30T04:41:21Z
dc.date.issued 2024-02-16
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/9416
dc.description.abstract Dunia pendidikan termasuk Madrasah Aliyah mempunyai karakter dan tujuan yang beragam,dari banyak tujuan adakala salah satu tujuan masih kurang bahkan tidak mencapai yang diharapkan, namun dengan pemilihan metode yang tepat dan pendekatan pendidik yang sesuai kepada anak didik dapat membuat tujuan berjalan sesuai dengan yang di harapkan. Dengan metode, media serta fasilitas yang memadai dan sesuai dengan krakter siswa pendidik dapat dengan mudah menyampaikan pesan dalam pembelajaran yang akan disampaikan. Dari latar belakang penelitian di atas maka tujuan peneliti ini, yakni : a) Mendeskripsikan pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam pembelajaran Al-Qur`an Hadis di sekolah MA Miftahul Hasan b) Mendeskripsikan pelaksanaan media pembelajaran Al Qur`an Hadis dalam mata pelajaran Al Qur`an Hadis c) Hasil pemanfaatan media pembelajaran audio visual dalam mata pelajaran Al-Qur`an Hadis di MA Miftahul Hasan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan, pengumpulan data menggunakan metode wawancara yaitu dengan melakukan tanya jawab dengan sumber peneliti, metode observasi yakni peneliti terjun secara langsung mengamati fenomena yang terjadi. dan metode dokumentasi dengan mengumpulkan data berupa catatan, buku, laporan, foto dan sebagainya, metode tes yakni untuk mengetahui hasil yang didapatkan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh guru adalah metode ceramah. Tujuan guru menggunakan metode tersebut karna dari segi umur siswa yang masih menginjak pendidikan di kelas sebelas guru merasa merode ceramah adalah metode pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran mereka dan untuk mengetahui hasil yang didapatkan siswa guru melanjutkan dengan menggunakan metode tanya jawab di akhir pembelajaran agar guru dapat mengetahui sejauh mana siswa menguasai materi yang sudah dipelajari. Berdasarkan metode yang sudah guru terapkan didapatkan hasil temuan penelitian bahwasanya motode yang digunakan guru memang efetif bagi siswa karna dengan metode seperti ini rata rata siswa lebih mudah dalam memahami dan lebih semangat dalam memulai pembelajaran. Faktor yang perlu diperhatikan dala m media pembelajaran ini yaitu peralatan yang digunakan, guru juga harus mempersiapkan apa saja peralatan yang akan digunakan sebelum dimulainya pembelajaran, karna seperti yang diketahui pembelajaran media ini menggunakan peralatan yang harus di proscek terlebih dahulu sebelum digunakan. Dengan metode dan media yang guru pilih tentunya sangat bermanfaat bagi nilai akhir siswa yang mana media dan metode ini berhasil membuat nilai mencapai rata-rata.   Kata Kunci : Media Pembelajaran, Audio Visual, Al-Qur`an Hadis. en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Media Pembelajaran en_US
dc.subject Audio Visual en_US
dc.subject Al-Qur`an Hadis en_US
dc.title Pemanfaatan Media Pembelajaran Audio Visual pada Mata Pelajaran Al-Qur`an Hadis di Kelas XI MA Miftahul Hasan en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account