Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII dengan Aplikasi Publuu Flipbook-Canva Apps
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan bahan ajar interaktif berbasis flipbook dengan memanfaatkan aplikasi Publuu dan Canva, yang dirancang khusus untuk materi sistem persamaan linier dua variabel bagi siswa kelas VIII SMP Islam Karangploso. Penelitian ini didorong oleh kebutuhan akan bahan ajar yang lebih menarik dan interaktif untuk memperbaiki pemahaman siswa mengenai topik tersebut. Survei yang dilakukan menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk bahan ajar interaktif di kelas, dengan hasil analisis kebutuhan pendidik yang ditunjukkan dalam hasil analisis data per item pertanyaan yang disajikan dalam angket kebutuhan pendidik menunujukkan hasil 64,2% pendidik sangat setuju dan 32,14% setuju akan pentingnya bahan ajar tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa produk yang mencakup materi yang dilengkapi dengan video pembelajaran interaktif, kuis dan uji kompetensi yang bisa diakses langsung, flipbook interaktif yang dapat digunakan pada perangkat elektronik, serta penyajian materi secara sistematis dan menarik dengan contoh soal, semuanya dibuat menggunakan aplikasi Publuu Flipbook dan Canva Apps.
Pada penelitian ini, digunakan metode R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Pada tahap Define, dilakukan analisis pendahuluan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, dan spesifikasi tujuan pembelajaran.Pada tahap Design, disusun bahan ajar interaktif yang kemudian diprogram ke dalam aplikasi Publuu-Canva Apps, serta disusun instrumen penelitian. Tahap Develop melibatkan validasi oleh tiga ahli: dosen matematika, ahli desain dan media, serta guru matematika. Pada tahap Disseminate, produk yang telah direvisi digunakan di kelas VIII SMP Islam Karangploso dalam bentuk softfile agar dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil validasi menunjukkan skor 4,0 dari ahli materi, 3,1 dari ahli desain dan media, serta 3,6 dari praktisi, yang menandakan produk ini valid dan layak digunakan. Uji kepraktisan pada enam siswa menunjukkan skor rata-rata 3,8, yang berarti produk ini praktis dan layak digunakan. Harapannya untuk penelitian selanjutnya dapat menguji bahan ajar ini pada skala yang lebih luas untuk mendapatkan data yang lebih mendalam serta mengembangkan bahan ajar interaktif untuk materi lain dengan menggunakan metode evaluasi yang berbeda.
Kata Kunci : Pengembangan Bahan Ajar, Bahan Ajar Interaktif, Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas VIII, Aplikasi Publuu Flipbook-Canva Apps