Strategi Pengembangan UMKM Kerajinan Keramik Dinoyo Untuk Meningkatkan Ekonomi Masyarakat (Studi pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar pengkajian strategi pengembangan UMKM kerajinan keramik Dinoyo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat (Studi Pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang) yang masih memiliki berbagai hambatan seperti sarana dan prasarana dan akses pemnuhan alat produksi yang masih kurang memadai, akses jalan menuju lokasi yang masih kurang memadai karena terlalu sempit dan belum tersediannya lahan parkir dan terakhir ialah penurunan sumber daya pengrajin yang disebaban oleh mobilitas sumber daya yang memilih untuk bekerja di luar kota sehingga menimbulkan kelangkaan penerus usaha dan minimnya sumber daya manusia.
Penelitian ini menggunakan metode penlitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian akan dianalisis dengan teknik analisis data model Miles, Huberman dan Saldana (2014) yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan UMKM kerajinan keramik Dinoyo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Malang oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang sudah berjalan secara efektif yang ditalaah melalui teori Strategi Upaya Pengembangan UMKM Kerajinan Keramik (Marsuki, 2006) dan teori Yatim dan Hendrago (1992). Adapun faktor pendukung strategi pengembangan UMKM kerajinan keramik Dinoyo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ialah skill dan kemampuan pengrajin, ketersedian bahan baku, dan sarana wisata, kemudian untuk faktor penghambatnya sendiri berupa keterbatasan sarana dan prasarana, penurunan sumber daya pengrajin, dan kompetisi pasar.
Kata Kunci : Penelitian ini dilakukan atas dasar pengkajian strategi pengembangan UMKM kerajinan keramik Dinoyo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat (Studi Pada Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang) yang masih memiliki berbagai hambatan seperti sarana dan prasarana dan akses pemnuhan alat produksi yang masih kurang memadai, akses jalan menuju lokasi yang masih kurang memadai karena terlalu sempit dan belum tersediannya lahan parkir dan terakhir ialah penurunan sumber daya pengrajin yang disebaban oleh mobilitas sumber daya yang memilih untuk bekerja di luar kota sehingga menimbulkan kelangkaan penerus usaha dan minimnya sumber daya manusia.
Penelitian ini menggunakan metode penlitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi, yang kemudian akan dianalisis dengan teknik analisis data model Miles, Huberman dan Saldana (2014) yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan UMKM kerajinan keramik Dinoyo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Malang oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kota Malang sudah berjalan secara efektif yang ditalaah melalui teori Strategi Upaya Pengembangan UMKM Kerajinan Keramik (Marsuki, 2006) dan teori Yatim dan Hendrago (1992). Adapun faktor pendukung strategi pengembangan UMKM kerajinan keramik Dinoyo untuk meningkatkan ekonomi masyarakat ialah skill dan kemampuan pengrajin, ketersedian bahan baku, dan sarana wisata, kemudian untuk faktor penghambatnya sendiri berupa keterbatasan sarana dan prasarana, penurunan sumber daya pengrajin, dan kompetisi pasar.
Kata Kunci : Strategi Pengembangan, UMKM Kerajinan Keramik Dinoyo, Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat
, UMKM Kerajinan Keramik Dinoyo, Upaya Meningkatkan Ekonomi Masyarakat