View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Evaluasi Peningkatan Pelayanan Adminduk Menggunakan Program Pelayanan Adminduk Online Melalui Aplikasi Whatsapp (Panadol-Mantap) (Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang)

Thumbnail
View/Open
Publish (2.985Mb)
Fulltext (3.251Mb)
Date
2024-01-09
Author
Rohman, Afdul
Metadata
Show full item record
Abstract
Pelayanan publik merupakan pelayanan yang dibuat oleh pemerintah guna memberikan kemudahan kepada masyarkaat, seperti halnya pelayanan adminitrasi yang memerikan pelayanan untuk kebutuhan masyarakat untuk dokumen kependudukan, dalam pelayanan adminitasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lumajang ada program guna memudahkan pelayanan yang bernama PANADOL-MANTAP. Pada pelaksanaanya program ini dinilai kurang optimal, terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi pada pelaksanaanya seperti,penyampaian informasi yang kurang sehingga mengakibatkan ketidak pahaman masayarakat dalam mengakses informasi, minimnya sarana dan prasarana yang mengakibatkan pelayanan menjadi terhambat dan mengakibatkan pemohon tidak menadapatkan dokumen yang diinginkan. Pelayanan yang masih kurang optimal dan kurangnya sosialisasi yang dilakukan yang membuat program PANADOL-MANTAP minim diketahui oleh masyarakat prosedur pelayananya. Maka dari itu dibutuhkan, hal ini membutuhkan adanya Evaluasi Peningkatan Pelayanan Adminduk Menggunakan Program Pelayanan Adminduk Online Melalui Aplikasi Whatsapp yang ada pada dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten lumajang. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi kebijakan dengan indikator evaluasi menurut William N. Dunn adapun 6 indikatornya yakni , Efektifitas, Efisien, Kecakupan, Perataan, Responsifitas, dan Ketepatan. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif , analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan sebagaimana dikemukakan oleh Miles and Huberman (2014:12-14) peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu pada keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) proses pelaksanaan program PANADOL-MANTAP (2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan program PANADOL-MANTAP (3) evaluasi indicator evaluasi Efektifitas, Efisien, Kecakupan, Perataan, Responsifitas, dan Ketepatan. Dalam kesimpulan peneliti adalah dalam pelaksanaan program Panadol-mantap berjalan dengan cukup baik , namun masih terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaanya , sehinga peneliti berharap agar kendala bisa diatasi dengan adanya Evaluasi Peningkatan Pelayanan Adminduk menggunakan Program PANADOL-MANTAP. Kata Kunci : Pelayanan Adminduk, Evaluasi Program, PANADOL-MANTAP
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10135
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group