Strategi Pemasaran Korean Food di Kota Mojokerto
Abstract
Penyebaran dan pengaruh gelombang Korea (Korea Wave) yang masuk di Indonesia melalui drama, K-pop sampai makanan Korea yang dimanfaatkan pelaku bisnis di Kota Mojokerto dengan menggunakan strategi pemasaran (Marketing Mix). Strategi pemasaran merupakan hal yang terpenting dilakukan oleh pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka. Korean food yang memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan makanan yang lainnya, dimana keunikan rasanya telah memikat dan menarik perhatian banyak orang mulai remaja sampai dikalangan orang tua. Di Mojokerto sudah banyak akan tetapi belum 100% orang mengetahuinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Korean food di kota Mojokerto.
Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Sumber yang diperoleh dari karyawan, pelanggan dan pemilik toko. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan para Korean food di kota Mojokerto dengan menggunakan bauran pemasaran dan memanfaatan beberapa media sosial seperti Instagram, whattapps dan e-commerce shoppe.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Produk Korean food.