Pengaruh Program Full Day School Dan Waktu Belajar Ideal Di Luar Jam Pelajaran Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X Di Smkn 02 Turen
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Turen Tahun Ajaran
2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif
dengan populasi semua siswa kelas 10. Teknik pengambilan sampel
menggunakan random sampling. Data program sekolah sehari penuh
diperoleh dengan metode wawancara dan kuesioner. Data waktu belajar
yang ideal di luar jam pelajaran diperoleh dengan menggunakan metode
kuesioner dan data prestasi belajar diperoleh dengan metode dokumentasi.
Uji instrumen dilakukan pada 89 anak di SMKN 2 Turen. Teknik analisis
data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan, 1) ada
pengaruh negatif program full day school terhadap prestasi belajar siswa
kelas 10 SMKN 2 Turen. 2) terdapat pengaruh negatif waktu belajar ideal
di luar jam pelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas 10 SMKN 2
Turen. 3) ada efek negatif dari program sekolah sehari penuh dan waktu
belajar yang ideal di luar jam pelajaran bersama terhadap prestasi belajar
siswa kelas 10 di SMKN 2 Turen.