dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh, perkembangan teknologi dan internet telah membuka peluang baru dalam berbelanja, dan aplikasi e-commerce, seperti Shopee, yang telah menjadi platform populer bagi masyarakat untuk melakukan transaksi pembelian secara online. Sehingga penggunaan aplikasi Shopee telah mengubah pola konsumsi masyarakat, di mana konsumen kini lebih cenderung untuk berbelanja secara online daripada berbelanja secara fisik di toko-toko tradisional. Dengan perubahan pola konsumsi masyarakat tersebut muncul beberapa permasalahan yaitu apakah kualitas produk, harga dan promosi dapat mempengaruhi keputusan pembelian pada apikasi shopee. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kualitas produk, harga, dan promosi, berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi shopee di kecamatan balongbendo.
Jenis penelitian ini menggunakan eksplanatori (explanatory research), dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuisioner yang disebarkan secara online melalui Google Form, dengan teknik non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling terhadap 105 responden. Sedangkan populasi penelitian ini yaitu pengguna aplikasi shopee yang tinggal di Kecamatan Balongbendo. Metode analisis dalam penelitian ini adalah uji instrument, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis linier berganda, uji hipotesis.
Hasil penelitian ini enunjukkan bahwa 1) Variabel Harga, Kualitas Produk, dan Promosi secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Balongbendo. 2) Kualitas produk tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Balongbendo. 3) Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Balongbendo. 4) Promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Balongbendo.
Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian | en_US |