Problematika Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Era Digital Di MAN Kota Batu
Abstract
Perkembangan zaman yang muncul saat ini adalah dengan datangnya era
digital atau era revolusi industri 4.0 di mana pasti ada dampak positif dan
negatifnya dalam dunia pendidikan. Terutama terkait dalam proses pembelajaran
Pendidikan Agama Islam juga terus mengalami perkembangan dan perubahan
secara terus menerus. Jika pada beberapa waktu lalu percakapan antara pendidik
dan peserta didik terasa tabu, maka hari ini justru merupakan hal yang wajar,
bahkan dalam pandangan teori pendidikan modern, hal itu merupakan suatu
keharusan dan interaksi semacam itu justru menjadi indikasi keberhasilan proses
pendidikan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kemampuan guru
pendidikan agama islam di MAN Kota Batu dalam menguasai teknologi digital,
(2) mendeskripsikan guru pendidikan agama islam MAN Kota Batu dalam
memanfaatkan teknologi digital untuk proses pembelajaran, dan (3)
mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi guru pendidikan agama islam di
MAN Kota Batu dalam memanfaatkan teknologi di era digital untuk
pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) guru pendidikan agama
islam di MAN Kota Batu memiliki kemampuan yang baik dalam menguasai
teknologi digital dalam proses pembelajaran, (2) guru pendidikan agama islam di
MAN Kota Batu dalam memanfaatkan teknologi digital untuk proses
pembelajaran sangatlah baik dan dengan pembelajaran yang efektif serta efesien ,
dan (3) adapun permasalahan yang dihadapi guru pendidikan agama islam di
MAN Kota Batu dalam memanfaatkan teknologi di era digital untuk pembelajaran
adalah beberapa ada yang belum begitu terampil dalam pemanfaatan teknologi
digital serta masih belum meratanya akses internet di seluruh pelosok negeri
sehingga belum tercapainya pembelajaran yang baik dan efektif.