View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kesetaraan Gender di SMA Islam Nusantara Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.339Mb)
Fulltext (5.391Mb)
Date
2024-07-18
Author
Hanim, Iftitah
Metadata
Show full item record
Abstract
Kesetaraan gender seringkali terlupakan dalam kehidupan sehari-hari, konstruksi sosial dan budaya menjadikan bias gender sebuah hal yang normal terjadi, tanpa menyadari bahwa hal tersebut berdampak buruk pada diri sendiri maupun lingkungan. Salah satu upaya untuk menumbuhkan sensitivitas gender adalah melalui jalur pendidikan, yakni dengan mengintegrasikan kesetaraan gender ke dalam manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis kesetaraan gender di SMA Islam Nusantara Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Nusantara dilakukan dengan menyusun dan CP, TP, ATP, Modul Ajar, dan menyiapkan media, dan belum menyantumkan nilai-nilai kesetaraan gender di dalamnya. 2) Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Nusantara telah menerapkan kesetaraan gender pada beberapa kegiatannya. 3) bentuk-bentuk kesetaraan gender pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Nusantara teidentifikasi dalam 4 bentuk, yaitu akses, partisipasi, kontrol, dan manfaat. Dari hasil temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Nusantara sudah mulai menerapkan kesetaraan gender pada kelas dan kegiatan pembelajaran tertentu. Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kesetaraan Gender
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10224
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group