Implementasi Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Saing Produk Tas Rajut Kaboki (Studi Kasus pada Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan , efektivitas strategi pemasaran yang diimplementasikan Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan dalam menghadapi persaingan dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan . Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah strategi pemasaran yang diimplementasikan Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan , efektivitas strategi pemasaran yang diimplementasikan Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan dalam menghadapi persaingan dan kendala-kendala yang dihadapi oleh Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan . Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti dengan bantuan catatan lapangan, rekaman, foto, video dan lain-lain. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Miles & Huberman. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian diperoleh bahwa yang strategi pemasaran yang diimplementasikan Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan adalah segmentasi pasar, target pasar, posisi pasar dan bauran pemasaran. Efektivitas dari strategi pemasaran yang diimplementasikan Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan sudah cukup efektif yang menunjukkan peningkatan penjualan dari tahun ke tahun. Kendala yang dihadapi oleh Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan dalam mengimplementasikan strategi pemasaran adalah kurangnya model atau style tas. Peningkatan daya saing pada Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan dibandingkan dengan pesaing dapat ditinjau dari keunggulan kompetitif yang dimiliki. Wisata Tas Rajut Kaboki Cabang Sukorejo Kabupaten Pasuruan diharapkan untuk mempertahankan dan mengoptimalkan strategi pemasaran yang telah diimplementasikan serta dapat menyeimbangkan fokus antara Kaboki dan ekspor.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Daya Saing, Tas Rajut