Pengaruh Potongan Harga, Kemudahan Transaksi dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Konsumen di Pasar Ngantang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Potongan Harga, Kemudahan Transaksi, dan Keragaman Produk Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode non probability sampling, dengan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 145 responden, analisis dengan menggunakan alat software SPSS 23. Teknik analisis data dilakukan menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda dan uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Potongan Harga (X1) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai uji t hitung > t tabel (7,352>1,976) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,000<0,05). Kemudahan Transaksi (X2) berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai uji t hitung > t tabel (5,747>1,976) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,000<0,05). Keragaman Produk (X3) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai uji t hitung > t tabel (3,895>1,976) sedangkan nilai sig. < 0,05 (0,000<0,05). Secara simultan Potongan Harga, Kemudahan Transaksi, dan Keragaman Produk berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian Online dengan nilai F hitung > F table (208,795> 2,67) dan nilai Sig F < 0,05 (0.000 < 0,05).
Kata Kunci : Potongan Harga, Kemudahan Transaksi, Keragaman Produk, Keputusan Pembelian Online