View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Kualitas Pelayanan Disdukcapil dalam Pembuatan Akta Kelahiran di Kabupaten Kaimana (Studi Kasus Kantor Dinas Dukcapil Kabupaten Kaimana)

Thumbnail
View/Open
Publish (2.307Mb)
Fulltext (4.575Mb)
Date
2024-07-30
Author
Sirua, Rezha Pahlevi
Metadata
Show full item record
Abstract
Pemberian layanan publik yang berkualitas tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Pemerintah harus menjadi suatu organisasi yang mempunyai tujuan pengelolaan dan mencapai tujuan negara yang memenuhi kebutuhan seluruh warga negara, termasuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Sesuai dengan konteks lahirnya UUD tanggal 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik, pemerintah mempunyai kewajiban untuk melayani seluruh warga negara dan warga negara mendapatkan hak dan kebutuhan dasar mereka terpenuhi dalam konteks layanan publik, itulah tugas Konstitusi Negara Republik Indonesia 1945. Pemberian layanan publik yang berkualitas tidak terlepas dari upaya pemerintah untuk mencapai tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance). Pemerintah harus menjadi suatu organisasi yang mempunyai tujuan pengelolaan dan mencapai tujuan negara yang memenuhi kebutuhan seluruh warga negara, termasuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Akta kelahiran ini merupakan dokumen yang sangat penting bagi setiap anak, karena merupakan simbol yang mengakui keberadaan anak dan menjamin hak-haknya sebagai warga negara. Sementara itu, menurut Dirjen Badan Pelayanan, masih banyak anak-anak di Kabupaten Kaimana yang belum terdaftar status sipilnya, dan peneliti juga menemukan permasalahan berdasarkan hasil observasi lapangan skala kecil dan menemukan bahwa fasilitas tersebut ditemukan. bahwa fasilitas tersebut tidak dipelihara. Pelayanan Dukapil Kabupaten Kaimana khususnya yang berkaitan dengan pembuatan akta kelahiran belum memadai, dan materi terkait penerbitan akta kelahiran masih kekurangan kertas untuk mencetak akta kelahiran Namun, peneliti juga menemukan bahwa layanan terkait penerbitan akta kelahiran masih terlihat kompleks. Hal ini terlihat dari pelayanan yang diberikan kepada Masyarakat. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, DISDUKCAPIL, Akta Kelahiran
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10293
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group