Show simple item record

dc.contributor.authorDuli, Ika Faradila Ema
dc.date.accessioned2024-10-02T05:10:02Z
dc.date.available2024-10-02T05:10:02Z
dc.date.issued2024-07-27
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10294
dc.description.abstractPenelitian ini dapat diuraikan sebagai meningkatnya jumlah kendaraan bermotor berdasarkan jenis kendaraan yang terus mengalami peningkatkan menjadi salah satu permasalahan yang harus secara serius diperhatikan oleh pegawai pelayanan uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kota Malang. Semakin tinggi jumlah kendaraan bermotor di Kota Malang harus mampu diimbangi dengan program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah namun sejauh ini pelayanan uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kota Malang sendiri tidak hanya melayani uji kendaraan bermotor bagi masyarakat di Kota Malang saja tetapi juga masyarakat dari Kota Batu karena sejauh ini Kota Batu sendiri belum memiliki fasilitas pelayanan uji kendaraan bermotor. Rendahnya kesadaran masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor dalam melakukan uji kendaraan bermotor menjadi salah satu faktor yang disebabkan oleh kurangnya informasi yang diperoleh oleh masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Sejauh ini pemerintahan Kota Malang melalui Dinas Perhubungan Kota Malang sudah berusaha secara maksimal dalam menyampaikan informasi-informasi mengenai pelayanan uji kendaraan bermotor yang bisa di dapatkan melaui akses online dan secara online di dinas secara langsung. Namun pada kenyataannya upaya terus tidak mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat yang memiliki kendaraan dalam melaksanakan uji kendaran bermotor. Dengan adanya permasalahan yang telah dikemukakan pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (KIR) di Dinas Perhubungan Kota Malang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat kinerja pegawai di Dinas Perhubungan Kota Malang dalam memberikan pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (KIR). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dimana penulis mencoba untuk meneliti atau menganalisa dengan mencoba memberikan gambaran dan penjelasan mengenai kenyataan empiris yang dijadikan objek penelitian. Menurut Sugiyono (2015:18), Mengungkapkan bahwa, metode penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada fisafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik penumpulan data yang dilakukan secara trianggulasi, analisis data bersifat induktif/kualitatif, hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan uji kenjadaraan bermotor pada komponen standar pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) yang meliputi persyaratan, waktu pelayanan, tarif/harga, produk pelayanan dan penanganan pengaduan di Kantor Perhubungan Kota Malang sudah berjalan secara efektif. Dimana petugas mengedepankan transprasi dan keterbukaan informasi yang dapat diakses oleh setiap masyarakat baik secara online maupun ofline. Sedangkan pada komponen standar pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan (manufacturing) yang meliputi dasar hukum, jumlah pelaksanan, sarana prasarana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan, evaluasi kinerja pelaksana, pengawasan internal dan kompetensi pelaksanan pada pelayanan uji kendaraan bermotor di Kantor Perhubungan Kota Malang sudah berjalan secara efektif dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk meningkatkan kualitas petugas yang dapat berkompetisi dengan perkembangan teknologi maka sangat diharapkan kepada manajemen atau pimpinan Dinas Perhubungan Kota Malang dalam merekrut petugas atau pegawai yang dapat mengimbangi kemampuan dan kompetisi petugas atau pegawai saat ini. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan uji kendaraan bermotor maka pihak dinas harus merekrut petugas yang lebih banyak agar dapat mengimbangi jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Kota Malang yang semakin meningkat setiap tahun. Kata Kunci : Efektivitas, Kualitas Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotoren_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectKualitas Pelayananen_US
dc.subjectPengujian Kendaraan Bermotoren_US
dc.titleEfektivitas Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (KIR) (Studi Kasus di Dinas Perhubungan Kota Malang)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record