View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Administrative Science
  • UT - Public Administration
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Efektivitas Kinerja Pegawai dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (KIR) (Studi Kasus di Dinas Perhubungan Kota Malang)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.642Mb)
EFEKTIVITAS KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN UJI KENDARAAN BERMOTOR (KIR).pdf (3.839Mb)
Date
2024-07-27
Author
Duli, Ika Faradila Ema
Metadata
Show full item record
Abstract
Penelitian ini dapat diuraikan sebagai meningkatnya jumlah kendaraan bermotor berdasarkan jenis kendaraan yang terus mengalami peningkatkan menjadi salah satu permasalahan yang harus secara serius diperhatikan oleh pegawai pelayanan uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kota Malang. Semakin tinggi jumlah kendaraan bermotor di Kota Malang harus mampu diimbangi dengan program-program yang diselenggarakan oleh pemerintah namun sejauh ini pelayanan uji kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kota Malang sendiri tidak hanya melayani uji kendaraan bermotor bagi masyarakat di Kota Malang saja tetapi juga masyarakat dari Kota Batu karena sejauh ini Kota Batu sendiri belum memiliki fasilitas pelayanan uji kendaraan bermotor. Rendahnya kesadaran masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor dalam melakukan uji kendaraan bermotor menjadi salah satu faktor yang disebabkan oleh kurangnya informasi yang diperoleh oleh masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Sejauh ini pemerintahan Kota Malang melalui Dinas Perhubungan Kota Malang sudah berusaha secara maksimal dalam menyampaikan informasi-informasi mengenai pelayanan uji kendaraan bermotor yang bisa di dapatkan melaui akses online dan secara online di dinas secara langsung. Namun pada kenyataannya upaya terus tidak mampu memberikan kesadaran kepada masyarakat yang memiliki kendaraan dalam melaksanakan uji kendaran bermotor. Dengan adanya permasalahan yang telah dikemukakan pada latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana efektivitas kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (KIR) di Dinas Perhubungan Kota Malang? Apa saja faktor pendukung dan penghambat kinerja pegawai di Dinas Perhubungan Kota Malang dalam memberikan pelayanan Uji Kendaraan Bermotor (KIR). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dimana penulis mencoba untuk meneliti atau menganalisa dengan mencoba memberikan gambaran dan penjelasan mengenai kenyataan empiris yang dijadikan objek penelitian. Menurut Sugiyono (2015:18), Mengungkapkan bahwa, metode penelitian kualitatif adalah metode yang berlandaskan pada fisafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik penumpulan data yang dilakukan secara trianggulasi, analisis data bersifat induktif/kualitatif, hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna generalisasi. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan uji kenjadaraan bermotor pada komponen standar pelayanan terkait dengan proses penyampaian pelayanan (service delivery) yang meliputi persyaratan, waktu pelayanan, tarif/harga, produk pelayanan dan penanganan pengaduan di Kantor Perhubungan Kota Malang sudah berjalan secara efektif. Dimana petugas mengedepankan transprasi dan keterbukaan informasi yang dapat diakses oleh setiap masyarakat baik secara online maupun ofline. Sedangkan pada komponen standar pelayanan terkait dengan proses pengelolaan pelayanan (manufacturing) yang meliputi dasar hukum, jumlah pelaksanan, sarana prasarana, jaminan pelayanan, jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan, evaluasi kinerja pelaksana, pengawasan internal dan kompetensi pelaksanan pada pelayanan uji kendaraan bermotor di Kantor Perhubungan Kota Malang sudah berjalan secara efektif dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan. Untuk meningkatkan kualitas petugas yang dapat berkompetisi dengan perkembangan teknologi maka sangat diharapkan kepada manajemen atau pimpinan Dinas Perhubungan Kota Malang dalam merekrut petugas atau pegawai yang dapat mengimbangi kemampuan dan kompetisi petugas atau pegawai saat ini. Untuk meningkatkan kualitas pelayanan uji kendaraan bermotor maka pihak dinas harus merekrut petugas yang lebih banyak agar dapat mengimbangi jumlah kepemilikan kendaraan bermotor di Kota Malang yang semakin meningkat setiap tahun. Kata Kunci : Efektivitas, Kualitas Pelayanan, Pengujian Kendaraan Bermotor
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/10294
Collections
  • UT - Public Administration

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group