Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Security, Perceived Self Efficacy, dan Trust Terhadap Minat Penggunaan Aplikasi Dana (Studi Kasus pada Generasi Z Kota Malang)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, perceived self efficacy, dan trust secara simultan dan parsial terhadap minat penggunaan aplikasi Dana. Populasi dalam penelitian adalah generasi Z di Kota Malang yang tidak diketahui jumlahnya secara pasti. Metode pendekatan menggunakan teknik non-probability sampling yaitu purposive sampling yang merupakan teknik pengumpulan sampel dengan berdasarkan kriteria tertentu dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 115 responden dan menggunakan alat analisis SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dan parsial perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, perceived self efficacy, dan trust berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan aplikasi Dana generasi Z di Kota Malang.
Kata Kunci: perceived usefulness, perceived ease of use, perceived security, perceived self efficacy, trust, minat penggunaan.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan pada Minat Penggunaan Dompet ELektronik (OVO) dalam Transaksi Keuangan
Safitri, Dinar Dhea (Universitas Islam Malang, 2020-07-22)Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan pada minat penggunaan dompet eletronik jenis OVO dalam kegiatan transaksi keuangan sehari-hari. Objek ... -
Pengaruh Perceived Enjoyment dan Perceived Usefulness Terhadap Minat Beli pada Online Shop Tokopedia
Rosalina, Serli (Universitas Islam Malang, 2022-02-15)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived enjoyment dan perceived usefulness terhadap minat beli pada online shop Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Islam Malang ... -
Pengaruh Pembayaran Cashless dengan Sistem Qr Code, Perceived Trust dan Perceived Ease Of Use Terhadap Kepuasan Pengguna Shopeepay (Studi Kasus pada Konsumen Mie Gacoan Kota Malang)
Amalia, Dwi Riska (Universitas Islam Malang, 2023-02-25)Sejak adanya pandemi Covid-19 hingga pasca pandemi Covid-19 mengubah kebiasaan konsumen dalam bertransaksi dengan menggunakan dompet digital atau e-wallet. Salah satu e-wallet yang sat ini sedang banyak digunakan yaitu ...