Pengaruh Persepsi Kegunaan dan Kemudahan Penggunaan pada Minat Penggunaan Dompet ELektronik (OVO) dalam Transaksi Keuangan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi
kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan pada minat penggunaan dompet
eletronik jenis OVO dalam kegiatan transaksi keuangan sehari-hari. Objek dari
penelitian ini adalah mahasiswa aktif jurusan akuntansi di Universitas Islam Malang.
Metode penggumpulan datanya dilakukan dengan menyebar kuisioner baik secara
langsung maupun secara online dari google form dan memperoleh 89 responden yang
memenuhi kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling. ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi
linier berganda. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan
penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat penggunaan OVO, serta
persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat
penggunaan OVO dalam kegiatan transaksi keuangan. Penelitian ini berkontribusi
pada teori Technology Acceptance Model (TAM).